• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 13 Sep 2014 | 0 komentar

(FTI Press) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan suatu karya tulis yang dibuat oleh mahasiswa guna untuk meningkatkan kreativitas serta kemampuan mahasiswa. PKM ini awalnya dilaksanakan pertama kalinya pada tahun 2001, yaitu pada saat program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti dilaksanakan. Semua kegiatan dibidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diintegrasikan ke dalam suatu wadah yaitu PKM. PKM ini dikembangkan bertujuan untuk mengantarkan mahasiswa agar dapat mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi yang berlandaskan pengetahuan sains dan tekonologi serta keimanan yang tinggi.

DSC_0526-300x199

Sabtu, 13 September 2014 Fakultas Teknologi Industri UAD menyelenggarakan kegiatan pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa ( PKM ). Acara tersebut diselenggarakan di Auditorium Utama Kampus 3 yang dihadiri oleh Endah Sulistiawati, S.T., M.T (Wakil Dekan), para Ketua Program Studi ,  ( Teknik Kimia, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Elektro ). Adapun pembicara yang memberi materi pada pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa tersebut  adalah Budi Wiyarno, S.T., M.Eng. (Direktur PT. Citra Mandiri Sawita, Guntung Indra Giri – Hilir Riau), dan Taufik Ismai, S.T., M. Cs. (Dosen Teknik Informatika FTI UAD).

DSC_0527-300x199

Awalnya PKM ada 5 (lima) jenis yaitu: PKM Penelitian (PKM-P), PKM Kewirausahaan (PKM-K) PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Penulisan Ilmiah (PKM-I). Namun sejak Januari 2009, Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa mengelola PKM-I menjadi PKM Karya Tulis (PKM-KT). PKM-KT ini mengandung 2 (dua) program penulisan yaitu: PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT). Dan ditahun 2011, jumlah bidang PKM bertambahn menjadi 7 (tujuh) yaitu: PKM Penelitian (PKM-P), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT),PKM Karsa Cipta (PKM-KC).

Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni. Adapun pelatihan ini bertujuan untuk merangsang minat bakat mahasiswa dalam menggali ide, topic terbaru untuk di kembangkan lebih lanjut, sehingga para mahasiswa mampu menyusun Proposal PKM dengan baik dan benar dengan mengikuti panduan penyusunan PKM tersebut. Nantinya proposal yang sudah tersusun akan diajukan ke Ditjen DIKTI dan diharapkan banyak proposal yang akan lolos seleksi dan didanai oleh DIKTI . Selamat berkarya Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri …

(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa