• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 02 Sep 2014 | 0 komentar

(FTI Press) Selama 3 hari mulai tanggal 1-3 September 2014, Fakultas Teknologi Industri  UAD menerima kunjungan dari sekolah Muhammadiyah SD/MI, SMP/MTS, SMU/SMK se-Kabupaten Brebes di bawah naungan Pimpinan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Agenda kunjungan kali ini yaitu dalam rangka untuk menimba ilmu serta meningkatkan kualitas perakitan pada bidang ilmu robotika.

DSC_0489-300x199

Agenda pelatihan robotika selama 3 hari tersebut diantaranya meliputi pembuatan Action figure robot, pengenalan dan perakitan robot Ollo Bug, Roboplus,Ollo Action Kit A sampai Ollo Action Kit D, perakitan robot LF Analog, perakitan LF Mikrokontroller serta pengetahuan lebih lanjut tentang dunia robotika. Antusias  para peserta pelatihan sangatlah tinggi, terbukti  para peserta mengikuti  setiap tahap demi tahap dalam pelatihan tersebut. Salah satu peserta ketika ditemui reporter fakultas mengaku sangat senang,  karena Mempelajari Robotika tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dengan teknologi yang semakin berkembang cepat, para guru dan siswapun dapat menguasainya dengan mudah. Robotika adalah sesuatu yang mengasyikan dan menantang serta mempunyai kepuasan tersendiri. Dengan mengedepankan  sistem aplikasi  saat ini, para peserta pelatihan akan mendapatkan pengalaman dan kesan yang mendalam.

Untuk tahap pertama, para peserta pelatihan mendapat Pengenalan komponen robotika seperti : Baterai, Motor DC, Rangkaian kontrol, Pengenalan mekanik, serta Merakit robot line follower. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi robotika pada kalangan pelajar. Mempelajari  Ilmu robotika merupakan gabungan dari tiga konsep ilmu, yaitu : elektronika, mekanika dan komputer pemrograman. Acara yang  diselenggarakan di Laboratorium Terpadu Teknik Elektro tersebut,nantinya  para peserta setiap sekolah berhak membawa pulang hasil rakitan robotnya serta modul sebagai kenang – kenagan supaya guru dan siswa yang memperoleh pelatihan bisa menerapkan dan mengimplementasikan kepada siswa di sekolahnya masing – masing. / (ns)

DSC_0499-300x199 DSC_0500-300x199

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa