Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Pelaku UMKM di Prawirodirjan Gondomanan Yogyakarta
(FTI News) Saat ini, kebiasaan baru yang meningkat drastis adalah perilaku masyarakat dalam bertransaksi atau berbelanja online. Salah satu faktor pendorong dan percepatan pergeseran perilaku masyarakat dari transaksi tradisional ke transaksi elektronik berbasis internet adalah pandemi Covid-19 yang lalu. Kebijakan pemerintah bekerja dari rumah (WFH) dan kebijakan pembatasan pergerakan masyarakat (PPKM) yang berlangsung sekitar 2 tahun berdampak pada perubahan perilaku masyarakat atau biasa disebut kebiasaan baru. Salah satunya adalah belanja online dan transaksi elektronik.
Perilaku masyarakat ini menjadi tantangan bagi para pelaku usaha khususnya UMKM. Para pelaku usaha dituntut untuk melek teknologi dan terbiasa dengan berbagai sumber daya internet seperti sosial media dan marketplace untuk dapat menggapai pasar yang lebih luas dan lebih besar, sayangnya tidak semua pelaku usaha siap dengan perubahan tersebut.
Menanggapi persoalan tersebut, Bambang Robi’in, S.T., M.T. dosen Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan memberikan program pelatihan digital marketing strategi kepada para pelaku usaha di kelurahan Prawirodirjan khususnya di RW.
Bambang Robi’in menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pelaku usaha di Prawirodirjan mengenai bagaimana strategi pemasaran melalui internet khususnya melalui sosial media dan marketplace untuk meningkatkan penjualan para pelaku usaha.
Para pelaku usaha mengaku sangat senang dengan kegiatan ini dan merasa sangat terbantu sehingga mereka dapat memulai pemasaran usahanya melalui sosial media atau marketplace.
/(ns)