• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 24 Agu 2019 | 0 komentar

(FTI Press) Universitas Ahmad Dahlan pada hari Jumat 23 Agustus 2019 menyelenggarakan Pelatihan Evakuasi Gawat Darurat Dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD). Pelatihan ini ditujukan awam bagi perwakilan, dosen, karyawan dan satpam di Gedung Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan. Jadwal acara Pelatihan Evakuasi Gawat Darurat Dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) ini meliputi : Penyampaian materi dan Praktek Evakuasi oleh Oktomi Wijaya,S.Km., M.Sc. pada siang harinya para peserta di pandu langsung oleh Edi Sukoco, A.Md., Keb. dan Tim yaitu penyampaian materi dan praktek Pertolongan Pertama Gawat Darurat.

FTI Universitas Ahmad Dahlan

Oktomi Wijaya,S.Km., M.Sc. menyampaikan “Pada saat terjadi keadaan darurat seperti gempa dan kebakaran, mengevakuasi orang orang yang berada didalam gedung bukanlah hal yang mudah, UAD Kampus IV ini ada 10 lantai, perlu beberapa cara dan sikap yang harus diambil dalam proses evakuasi bencana. Tugas seorang keamanan sangat kunci utama dalam hal ini, karena harus membantu proses evakuasi orang yang ada didalam gedung tersebut. Dengan mengarahkan untuk turun melalui tangga darurat dan memastikan evakuasi berlangsung dengan benar.

FTI Universitas Ahmad Dahlan

Oktomi Wijaya juga menyampaikan “Bersikap selalu tenang dan Berdoa, Jangan menggunakan lift untuk proses evakuasi, Evakuasi melalui jalur evakuasi gedung bertingkat, Berkumpul pada titik kumpul yang telah ditetapkan. Kunci utama pada evakuasi adalah saat terjadi peristiwa di luar dugaan, kepanikan hanya akan membuyarkan konsentrasi dan mendorong munculnya kecerobohan.Hafalkan rute penyelamatan atau denah tempat kerja yang sudah lekat dalam ingatan juga bisa dihilangkan seketika oleh rasa panik.

Para peserta pelatihan ini juga diberi bekal oleh Bapak Edi Sukoco dalam memberi pertolongan pertama pada korban. Mungkin kita sering melihat prosedur pemberian pertolongan pertama di film, tapi tahukah Anda untuk melakukannya di dunia nyata tidak semudah yang terlihat di layar televisi. Tindakan yang tepat sangat penting untuk menyelamatkan nyawa. Jangan gegabah, karena maksud baik saja tidak cukup. Banyak orang merasa bahwa pertolongan pertama adalah tugas petugas medis, Padahal setiap orang bisa membantu menyelamatkan nyawa. Dalam kesempatan tersebut peserta diberi pelatihan pemberian pertolongan pertama hingga menangani korban ditandu dan dibawa dengan Ambulance menuju Rumah Sakit terdekat.

Pelatihan Evakuasi Gawat Darurat Dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) yang diikuti oleh dosen, karyawan dan satpam di Gedung Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan, diharapkan bisa menambah wawasan tentang Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD). “Terang Viant Arsis Vivaldi (Staff TU FTI UAD)” /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa