• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
TAGS: | Oleh | 12 Sep 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Ahmad Dahlan (PSDM UAD) bekerjasama dengan Information Technology Training Center Universitas Ahmad Dahlan (ITTC UAD) kembali memberikan kesempatan kepada staff Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk mengembangkan potensi diri dengan mengikuti kegiatan pelatihan Teknologi Informasi (TI).

Ali Tarmuji, S.T., M.Cs.

Pelatihan TI tersebut, merupakan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan teknologi informasi. Pelatihan TI mencakup kursus yang berkaitan dengan penerapan, perancangan, pengembangan, implementasi, dukungan, atau pengelolaan sistem informasi berbasis komputer dalam menunjang aktivitas administrasi di kantor.

Pelatihan yang diselenggarakan pada hari Rabu 12 September 2018 di ruang Laboratorium Komputer ITC tersebut, dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan Staff Universitas Ahmad Dahlan dalam menggunakan TI guna menunjang pelaksanaan kerja di kantor unit masing-masing. Ali Tarmuji, S.T., M.Cs. menjadi narasumber utama pada pelatihan TI yang diikuti staff UAD.
Ali Tarmuji, S.T., M.Cs. selaku koordinator dan instruktur pelatihan memberikan materi mengenai pengelolaan website, serta meningkatkan rating pada website setiap program studi maupun fakultas, disamping itu beliau juga memberi pelatihan Google Apps, Google Drive, Google Form, Google Keep, Google Sheet, dan Google Calender.

Ali Tarmuji menjelaskan dari banyak nya google apps tersebut, salah satu nya yaitu Google calendar. Google calendar adalah aplikasi google untuk mengatur pekerjaan dan jadwal agar tidak lupa jika ada sesuatu untuk dikerjakan, dan tentu saja mempunyai fitur reminder yaitu alarm pengingat melalui akun email tersebut, dan jika tidak selalu membaca email karena tidak ada koneksi internet, Google Calendar juga memberikan fasilitas SMS notification melalui ponsel yang langsung me-reminder sang pengguna Google calendar.

Manfaat dari menggunakan Google calendar diantaranya adalah, meminta Google calendar untuk mengingatkan jadwal kuliah ataupun praktikum melalui SMS notification secara gratis, dapat mengerjakan tugas dengan tepat waktu, karena kita bisa membuat agenda atau kegiatan harian agar dapat membagi waktu dengan benar, bahkan bisa sekedar untuk membangunkan kita dari tidur agar tidak kesiangan atau telat pada saat kuliah ataupun solat 5 waktu. Dari beberapa manfaat pelatihan tersebut, dapat diterapkan oleh para staff untuk menggunakannya seperti menyusun jadwal praktikum, mengingatkan waktu rapat, menguji, dan lainnya, karena sangat efektif dan efisien. /(ns)