• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 08 Agu 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Teknologi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pemanfaatan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat untuk mempercepat pemerataan kesempatan belajar dan meningkatkan mutu maupun pengetahuan, dengan cara menyediakan informasi selengkap-lengkapnya. Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya Internet dengan segala fungsinya diantaranya surfing, browsing dan email telah berkembang dengan pesat dan menjadi kebutuhan primer bagi banyak kalangan. Dengan penggunaan Internet kebutuhan terhadap informasi dapat dilakukan dengan lebih cepat, mudah dan efisien. Oleh karena itu pemahaman, penguasaan dan penerapannya sangat diperlukan.

Kartika Firdausy, S.T., M.T.

Kewajiban setiap Perguruan Tinggi sebagaimana dijelaskan dalam Tridharma Perguruan Tinggi adalah Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Salah satu bentuk kewajiban dan kepedulian terhadap masyarakat tersebut, Kartika Firdausy , S.T., M.T. dosen Teknik Ekektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) melaksanaan Pengabdian dengan menggunakan metode dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan untuk meningkatkan keahlian sumber daya manusia dalam penggunaan seperangkat teknologi.

Pada sisi kebutuhan teknologi yang semakin berkembang pesat sangat dibutuhkan masyarakat untuk menunjang segala aktivitas sehari-hari, sehingga dapat menambah pemahaman atau kemampuan untuk mengoperasikan Internet (surfing, browsing dan email). Pengabdian tersebut diperuntukkan bagi Pengurus PKK dan RW. 11 Kelurahan Panembahan Kraton Yogyakarta. Pelaksanaan pelatihan tersebut berlangsung di ruang laboratorium komputer Teknik Elektro FTI UAD Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan.

Pemanfaatan Internet dan email sebagai media komunikasi secara optimal diharapkan mampu menjadi forum informatif guna menuju masyarakat sadar akan teknologi. Dengan demikian, diharapkan seluruh Pengurus PKK dan RW. 11 Kelurahan Panembahan Kraton Yogyakarta semakin mengenal tentang teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran baik proses maupun hasilnya. / (ns)