• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 05 Jun 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Kolaborasi dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) antara dosen Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Industri dan dosen Fakultas Farmasi melakukan Program pengabdian masyarakat yang berlangsung di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Pengabdian masyarakat ini berlangsung di ruang Multimedia pada hari Sabtu tanggal 02 Juni 2018 dengan menghadirkan narasumber, diantaranya : Ika Dyah Kumalasari Ph.D (Teknologi Pangan), Dr. Any Guntarti (Farmasi), dan Dr. Hari Susanti (farmasi). Pelatihan ini diikuti oleh peserta dari karyawan dan pengelola (bagian kantin, bagian dapur, konsumsi, dan humas) dilingkungan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Tema yang diambil pada pelatihan ini yaitu “tentang kehalalan pangan dan bahan tambahan makanan yang aman”.

Pengabdian Masyarakat Kehalalan Pangan Dan Bahan Tambahan Makanan Yang Aman

Menurut Ika Dyah Kumalasari Ph.D ada beberapa pokok bahasan yang kami sampaikan kepada peserta pelatihan ini yaitu seperti : kehalalan produk di sekitar kita. Pentingnya makanan halal dan kewaspadaan dengan makanan haram yang berlabel halal. Pengenalan Deteksi kandungan zat haram dalam makanan. Sistem jaminan halal. Bahan tambahan makanan yg aman dan berbahaya, maupun dosis penggunaan bahan tambahan makanan yang sesuai peraturan. Disamping itu beliau juga menyampaikan pentingnya pengenalan bahan tambahan makanan yang berbahaya bagi tubuh manusia dengan disertai contoh-contohnya. Dalam pelatihan ini para peserta juga dibekali tips untuk memilih makanan yang bebas dari bahan makanan berbahaya seperti (formalin, boraks).

Pengabdian Masyarakat Kehalalan Pangan Dan Bahan Tambahan Makanan Yang Aman

Kegiatan pelatihan ini juga melakukan praktek langsung dihadapan peserta dengan menggunakan sampel makanan tahu yang dibeli diwarung, dengan Tahu tersebut apakah dalam pengujian terdapat positif dan negatif kandungan boraks dan formalin. Pengujian boraks memakai kertas kunyit dan ekstrak kunyit. Pengujian formalin sendiri dengan pereaksi schiff. Para peserta sangat antusias mengikuti pembekalan yang disampaikan oleh kolaborasi dosen UAD ini. Diharapkan dengan pelatihan ini para peserta lebih mengetahui tentang produk makanan yang aman, sehat dan halal, yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia untuk jangka panjang. Tidak lupa pula pembagian doorprize bagi para peserta pelatihan, serta acara diakhiri dengan foto bersama. /(ns)