• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 01 Mar 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Selasa 28 Februari 2017 Pengelola Jurnal Telkomnika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan menerima kunjungan dari  Universitas Islam Lamongan (UNISLA) dalam rangka studi banding bagaimana mengelola jurnal yang memenuhi standar akreditasi nasional dan berkesempatan untuk mempelajari tentang pengelolaan serta publikasi jurnal Telkomnika Internasional Universitas Ahmad Dahlan. Rombongan yang berjumlah 5 orang tersebut diantaranya  Dr. Angky Soedrijanto  diterima langsung oleh Editor in Chief Telkomnika Tole Sutikno, S.T., M.T., Ph.D.  dan Son Ali Akbar, S.T., M.Eng.

” Tole Sutikno  saat ditemui reporter fakultas  beliau menjelaskan tentang  sejarah Telkomnika. Sesuai dengan visi misi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk go international Jurnal TELKOMNIKA UAD menjadi salah satu jurnal yang dikenal seluruh dunia. “Satu-satunya Jurnal dari Perguruan Tnggi di Indonesia yang diakui oleh DIKTI. TELKOMNIKA (Telekomunikasi, Komputasi, Elektronika dan Pengendalian) adalah peer review Jurnal Internasional dalam bahasa Inggris. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek perkembangan yang beredar terbaru di bidang teknik listrik. Ruang lingkup meliputi aplikasi Telekomunikasi dan Informasi Teknologi, Terapan Computing dan Komputer, Instrumentasi dan Kontrol, Listrik (Power), dan Teknik Elektronika. Sebagai jurnal internasional, Telkomnika UAD sudah masuk dalam indeks Scopus, lembaga pengindeks yang mengevaluasi kinerja atau kualitas jurnal ilmiah tingkat internasional.  Saat ini jurnal ilmiah Telkomnika  UAD menjadi jurnal internasional pertama yang dimiliki perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia.

Setelah terakreditasi A oleh Dikti per-Agustus 2013-Agustus 2018. Pada 6 Juli 2014 Jurnal TELKOMNIKA UAD kembali meraih prestasi menjadi jurnal ranking 1 di Indonesia dari variable SNIP. Dan menduduki ranking 3 di Indonesia dari variable SJR (berdasar penilaian dari SCOPUS). TELKOMNIKA menerbitkan semua artikel berkaitan bidang Teknik Elektro, Komputer dan Informatika, meliputi: seluruh bidang Teknik Telekomunikasi, Komputasi (computing), Elektronika, Elektrik (Listrik/Energy/Power), Kendali & Instrumentasi, Komputer dan Informatika. TELKOMNIKA akan dibaca oleh semua akademisi dan peneliti meliputi mahasiswa (S1, S2, S3), dosen, peneliti, juga pustakawan dan pemerhati pendidikan di Indonesia. Jurnal TELKOMNIKA sendiri terbit pertama Desember 2003 oleh Prodi T. Elektro, FTI UAD. “Saat ini telah menerbitkan artikel lebih dari 1000 (seribu). Tahun 2007-2010 menerbitkan naskah in Indonesia dan English. Sejak Edisi Desember 2010 semua naskah yang diterbitkan in English”.

Setelah melakukan dialog dan sharing tentang pengelolaan jurnal Telkomnika tersebut, pada kesempatan itu pula dilakukan foto bersama dan penyerahan cinderamata jurnal Telkomnika edisi tahun 2014 terbitan bulan Maret, Juni, September  dan Desember.

/(ns)