• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 16 Des 2014 | 0 komentar

(FTI Press) Tak bisa dipungkiri kemampuan berbahasa Inggris sangat penting di era globalisasi ini, Keahlian yang seharusnya dimiliki oleh kalangan mahasiswa, keahlian yang akan berpengaruh besar dalam menentukan tingkat pekerjaan kita di tengah-tengah masyarakat setelah menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Hal tersebut merupakan pengantar dari studium generale yang disampaikan Ahmad Budairi, M.Ed. (Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UAD) dihadapan ratusan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri semester 1 angkatan 2014 di Gedung Auditorium Kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.  Hadir juga sebagai moderator dalam acara tersebut Endah Sulistiawati, S.T., M.T. (Wakil Dekan).

Studium general ahamad budiari (10) Studium general ahamad budiari (11)

Ahmad Budairi lebih jauh memaparkan “Penguasaan Bahasa Inggris sangat penting bagi seorang mahasiswa, namun sayang masih banyak juga yang belum menyadari perlunya penguasaan Bahasa Inggris yang baik bagi seorang mahasiswa. Di era global seperti sekarang ini, akan semakin banyak perkembangan yang terjadi di negeri ini. Mulai dari perdagangan bebas, semakin banyaknya berdiri perusahaan-perusahaan asing di indonesia sehingga penggunaan bahasa internasonal seperti bahasa inggris sudah menjadi bahasa sehari-hari.  Untuk para calon entrepreneur dan pencari kerja dari alumni mahasiswa UAD khususnya Fakultas Teknologi Industri (FTI) sudah menjadi suatu keharusan dan kewajiban untuk bisa menguasai bahasa inggris, agar bisa mengikuti perkembangan jaman yang semakin maju.

Beliau dengan penuh semangat juga menambahkan, untuk belajar Bahasa Inggris saat ini dimudahkan dengan fasilitas yang ada di sekitar kita, paling tidak kita harus mempunyai modal kemauan belajar, kamus, maupun belajar dari internet. Strategi belajar Bahasa Inggris tidak hanya dari lingkungan kampus saja, tapi kita juga belajar dengan mencari sumber lainnya, misal kita meningkatkan pengalaman belajar bahasa atau interaksi dengan berbagai sumber belajar Bahasa Inggris, mahasiswa juga bisa belajar dengan membaca surat kabar, menonton siaran berbahasa Inggris di TV, dan berkomunikasi langsung dengan bule (Wisatawan) ataupun orang yang fasih Bahasa Inggris. Saat ini Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa ini merupakan bahasa ibu yang biasa digunakan untuk percakapan ratusan juta orang diseluruh dunia, dalam setiap harinya jutaan orang menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi di tempat kerja, pemerintahan, maupun di kehidupan sosial.

Antusias dari peserta cukup baik, terbukti waktu presentasi sudah berakhir, ternyata mahasiswa masih belum puas dengan apa yang disampaikan saat presentasi tadi. Masih banyak pertanyaan yang ingin diutarakan oleh mahasiswa FTI seputar belajar Bahasa Inggris. Untuk mengakomodir pertanyaan dari mahasiswa tersebut, mahasiswa bisa kirim langsung lewat kontak person maupun email narasumber. “ tutur Endah Sulistiawati. /(ns)

Studium general ahamad budiari (17) Studium general ahamad budiari (15) Studium general ahamad budiari (14) Studium general ahamad budiari (9)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa