• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 03 Mei 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Universitas Ahmad Dahlan memiliki program joint degree (2+2) bekerjasama dengan beberapa universitas luar negeri seperti Guangxi University for Nationalities (GXUN) China, University of  Nueva Caceres (UNC) Filipina, Sun Moon University (SMU) Korea Selatan dan Kyung Dong University Korea Selatan. Dalam program joint degree (2+2) ini, mahasiswa bisa melakukan studi di universitas asal selama 2 tahun ditambah studi di universitas mitra selama 2 tahun juga. Sehingga nantinya mahasiswa program joint degree ini akan memperoleh dua gelar dan dua ijazah dari universitas asal dan universitas mitra. Program studi yang memiliki program joint degree (2+2) diantaranya : Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1), Manajemen (S1), Akuntansi (S1), Pendidikan Fisika (S1), Sastra Indonesia (S1), dan Teknik Informatika (S1).

Dwi Santoso, Ph.D.

Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD), pada hari Rabu 03 Mei 2017 bertempat di ruang 313 menyelenggarakan sosialisasi program joint degree antara Guangxi University for Nationalities (GXUN) China dengan Program Studi Teknik Informatika. Dalam kesempatan tersebut Dwi Santoso, Ph.D. menjadi narasumber utama pada acara sosialisasi tersebut. Program Joint degree adalah penyelenggaraan kegiatan antar perguruan tinggi baik dalam negeri maupun melalui kerjasama antara perguruan tinggi di dalam negeri dengan perguruan tinggi di luar negeri, untuk melaksanakan suatu program studi secara bersama serta saling mengakui lulusannya. Menurut beliau UAD merupakan satu-satunya universitas swasta di Jogja yang sudah memiliki ijin resmi dari DIKTI untuk program tersebut.

Implementasi program joint degree pada suatu program studi merupakan tahap awal dan langkah strategis dari suatu universitas untuk mencapai World Class University. Disamping itu, program ini merupakan salah satu strategi untuk memperbaiki mutu pendidikan perguruan tinggi di Indonesia. Dalam program joint degree di UAD ada dua subprogram yakni inbound dan outbound. Inbound adalah subprogram apabila mahasiswa luar negeri melakukan studi di UAD. Sedangkan outbound adalah subprogram apabila mahasiswa UAD melakukan studi di luar negeri.

Sri Winiarti, S.T., M.Cs (Ketua Program Studi Teknik Informatika) menyampikan “ Program Studi Teknik Informatika sendiri sudah mengirim 1 mahasiswa Abdul Aziz Amrullah di Sun Moon University (SMU) Korea Selatan . Beliau menambahkan, mahasiswa selama di Sun Moon University akan diberi kesempatan 1 tahun belajar bahasa Korea secara gratis dan tentunya selama di Korea nanti mahasiswa juga akan dicarikan pekerjaan untuk penghasilan tambahan.

Dalam waktu dekat ini kami akan mengirim mahasiswa ke Guangxi University for Nationalities (GXUN) China, bagi mahasiswa Teknik Informatika yang ingin mengikuti program tersebut, diharap segera bisa mendaftar langsung melalui Ketua Program Studi Teknik Informatika, untuk akan ditindaklanjuti dan diproses melalui sistem seleksi. Output dari program joint degree ini adalah mahasiswa memiliki knowledge dan skill yang mumpuni serta pengalaman berharga termasuk dalam hal pertukaran budaya dan bahasa.

/(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa