• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 27 Okt 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) pada hari Jumat 26 Oktober 2018 di Ruang Serbaguna Kampus 3 UAD menyelenggarakan Forum Diskusi yang berfokus pada pembahasan dalam rangka mendukung hasil riset atau penelitian agar bisa dengan mudah masuk ke pasar untuk dapat dikomersialkan, (hilirisasi hasil penelitian). Forum diskusi yang diikuti dosen FTI UAD ini menghadirkan narasumber Dr.Ing. Suhendra, M.Sc.

Universitas Ahmad Dahlan

Dalam pemaparannya beliau menyampaikan tentang saat ini proses hiliriasi hasil riset di Indonesia masih sangat minim, dan masih banyak yang belum diimplementasi dan dirasakan oleh masyarakat luas. Saat ini para peneliti masih cenderung bekerja sendiri dalam memasarkan hasil paten maupun hasil penelitiannya, sehingga banyak hasil inovasi tidak dapat dijual langsung ke masyarakat.

Universitas Ahmad Dahlan

Proses mendekatkan hasil riset dan inovasi kepada penggunanya masih banyak yang mengalami kendala. Pengguna dalam hal ini adalah masyarakat, dalam hal ini bisa masyarakat atau pengguna umum, lembaga pemerintahan, atau industri.

Universitas Ahmad Dahlan

Menurut Alumni Ph.D. dari Otto von Guericke Universität Magdeburg Jerman tersebut “sangat diperlukan sinergi antara semua elemen bangsa, khususnya pemerintah, akademisi, maupun industri, untuk mampu bersaing. Kolaborasi tersebut sangat penting dan harus dilakukan, agar dapat menghubungkan berbagai sumberdaya yang dimiliki sekaligus mewujudkan hasil penelitian dosen yang memiliki nilai tinggi secara komersial dan bermanfaat bagi masyarakat luas. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa