• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 02 Apr 2014 | 0 komentar

(FTI Press) 6 Kelompok bersaing untuk mempresentasikan Produk yang dihasilkan dalam rangka Program Teknopreneurship Mahasiswa (PTM) 2014. PTM merupakan salah satu upaya yang dilakukan Fakultas Teknologi Industri UAD untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di Fakultas Teknologi Industri UAD agar kelak  dapat  menjadi  lulusan yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan dan mengembangkan kewirausahaan yang berbasis teknologi. Kegiatan PTM ini merupakan salah satu program kerja Fakultas dalam memenuhi salah satu sasaran mutu Fakultas yaitu menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan teknopreneurship. Adapun buku panduan dan pedoman PTM ini sebagian besar diadopsi dari buku pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dibuat oleh Dikti.

   PTM 2014 FTI UAD (3)Suasana penjurian Program Teknopreneurship Mahasiswa 2014

PTM merupakan program pengembangan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada  profit. Komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah  satu modal dasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki pasar. Jadi, pemeran utama berwirausaha dalam hal ini adalah mahasiswa, bukan masyarakat, ataupun mitra lainnya. PTM ini menyaratkan ide kreatif mahasiswa yang berbasis pada ilmu dan pengetahuan dari disiplin ilmunya dan atau bersinergi dengan bidang ilmu lain sebagai salah satu unsur penilaian utamanya.

Untuk dewan juri pada PTM 2014 kali ini terdiri dari Imam Santosa, S.T., M.T. Taufiq Ismail,S.T., M.Cs, dan Mushlihuddin, S.T., M.T. Dewan juri kali ini menyeleksi ke 6 proposal yang masuk Fakultas diantaranya:

  1. Emergency Power Bank.
  2. Koperasi On Line Mahasiswa.
  3. Garskin Glow in the Dark – Awayday .Co.
  4. Pembuatan Dodol dari Limbah Kulit Pisang Kepok.
  5. Usaha Mie Ggayus dari Umbi.
  6. PELUMAS (Pencabut Bulu Ayam Otomatis)

Kategori penilaian dari dewan juri meliputi : Judul, Jenis Produk/Jasa : Berisi jenis produk/jasa yang akan ditawarkan dan keunikan yang diberikan,  Aspek produksi dan teknologi : Berisi tentang proses pembuatan dan/atau proses bisnis untuk mewujudkan produk/jasa, Aspek pasar dan Analisis pesaing usaha : berisi tentang konsumen potensial, pesaing, strategi pemasaran dan keberlanjutan (sustainability) usaha, Rencana Keuangan : berisi tentang analisis investasi dan perkiraan keuntungan/kelayakan usaha, serta Metode Pelaksanaan.

PTM 2014 FTI UADPTM 2014 FTI UAD (1)PTM 2014 FTI UAD (2)Ketiga dewan juri PTM 2014

Output dari pelaksanaan PTM 2014 ini dituntut menciptakan Lulusan sebuah perguruan tinggi untuk memiliki academic knowledge, skill of thinkingmanagement skill dan communication skill. Penjurian sendiri berlangsung selama 2 hari dari tanggal 1-2 April 2014. Pengumuman  PTM 2014 hasil penilaian dewan juri bisa dilihat di web fti.uad.ac.id pada hari Kamis, 3 April 2014.

(ns)

 

 

 

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa