• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 27 Mei 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Program Studi Teknik Elektro (PSTE) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menyelenggarakan workshop peninjauan kurikulum, workshop kali ini dilaksanakan pada dua tahap. Tahap pertama  pada tanggal 17-18 Mei 2016 bertempat di Hotel Gowongan Inn Yogyakarta, sedangkan tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2016 bertempat di Hotel Fave Jl. Kusumanegara Yogyakarta. Acara yang dibuka oleh Ketua Program Studi Teknik Elektro Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng. diikuti seluruh dosen PSTE dan membahas kurikulum baru yang direncanakan akan diberlakukan pada tahun 2016 ini.

Workshop pste 2016 (3)

Dalam penjabarannya penyusunan kurikulum perlu memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terwujudnya visi, dan terlaksananya misi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah yang mendukung pencapaian kompetensi setiap lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa Terknik Elektro UAD, untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan bidang minat mahasiswa, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah, rencana pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.

Workshop pste 2016 (2)

Workshop Kurikulum kali ini membahas rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, bahan pelajaran, cara penyampaiannya, dan bahkan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Oleh karena itu, maka perlu diselenggarakan suatu workshop evaluasi kurikulum di program studi Teknik Elektro UAD, yang ditujukan untuk dapat menghasilkan kompetensi yang sangat berguna bagi lulusan agar siap memasuki dunia kerja.

Workshop pste 2016 (1)

Sebagai tindak lanjut kegiatan pada tahap kedua meliputi perumusan kompetensi, susunan mata kuliah, silabus dan satuan acara perkuliahan. Aktifitas dalam workshop ini cukup menarik, yaitu setiap peserta untuk aktif mencermati dokumen spesifikasi program studi Teknik Elektro UAD untuk diterapkan pada kurikulum 2016 . Alhasil, dari pencermatan kurikulum tersebut, dapat diidentifikasi  beberapa hal yang perlu ditingkatkan dalam  setiap dokumen. Dengan demikian,  muncullah diskusi yang sinergis sesama peserta  yang hadir. Kurikulum PSTE kali ini dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, yang mendorong terbentuknya hard skills, keterampilan, kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kegiatan ini telah dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Semoga dengan adanya workshop  kurikulum PSTE kualitas proses akademik di  Program Studi Teknik Elektro UAD semakin meningkat. /(ns)