• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 03 Agu 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Sistem Nasional Pendidikan, perencanaan pembelajaran merupakan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap muatan pembelajaran. Perencanaan tersebut memuat perencanaan proses pembelajaran yang disajikan dalam bentuk rencana pembelajaran semester (RPS). RPS ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam program studi. RPS adalah kegiatan atau tindakan mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran, meteri pembelajaran, cara penyampaian kegiatan (metode, model, dan teknik) serta cara menilainya menjadi jelas dan sistematis, sehingga proses belajar selama satu semester menjadi efektif dan efisien.

workshop Rencana Pembelajaran Semester

Pada tanggal 28 dan 29 Juli 2016, Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) mengadakan workshop Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk kurikulum 2016 yang akan mulai diberlakukan mulai semester depan. Workshop ini dilaksanakan di Hotel Pandanaran Jl. Prawirotaman Yogyakarta, yang merupakan keberlanjutan dari workshop kurikulum sebelumnya yang merancang beban sks untuk setiap mata kuliah yang sudah diidentifikasi oleh tim kurikulum Program Studi Teknik Industri.

Acara yang dimulai pada pagi hari tersebut, dibuka secara resmi oleh ketua Program Studi Teknik Industri Annie Purwani, STP., M.T. Dalam kesempatan tersebut Dr. Siti Mahsanah memberikan presentasi pertama mengenai RPS mata kuliah supply chain management dan memberikan beberapa penjelasan mengenai rencana perkuliahan selama satu semester serta rencana penilaian terhadap mahasiswa. Bapak Okka Adiyanto, S.T., M.Sc. juga memberikan presentasi mengenai RPS mata kuliahnya yaitu green manufacturing, presentasi bapak Okka menjadi menutup acara workshop RPS yang berlangsung selama 2 hari tersebut. /(ns)