• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 20 Sep 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Terobosan baru dilakukan oleh Program Studi Teknik Industri pada semester gasal 2016/2017 dengan menerapkan kuliah teleconference untuk mata kuliah perancangan dan pengembangan produk. Kuliah teleconference pada dasarnya sama dengan kuliah biasa (tatap muka langsung) yang dilakukan selama ini. Para mahasiswa berada di ruang kuliah dan dosen mengajar atau memberikan materi kuliah di lokasi lain melalui fasilitas teleconference. Kuliah teleconference ini diikuti oleh Program Studi Teknik Industri dari lima Universitas yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Diponegoro, Universitas Teknologi Yogyakarta, dan Universitas Bina Dharma Palembang. Kuliah teleconference tersebut dimulai pukul 10.00 sampai 12.00.

kuliah-teleconference-fti-uad-1

Kuliah teleconference yang diselenggarakan pada hari Rabu 14 September 2016 di ruang 302 tersebut merupakan inisiasi dari Universitas Gadjah Mada dengan narasumber Ir. Alva Edy Tontowi, M.Sc., Ph.D. (UGM). Materi yang disampaikan mengupas tentang desain produk inovatif dan inkubasi bisnis kompetitif. Pada kuliah teleconference terlihat semua mahasiswa bisa berinteraksi dengan dosen yang memberikan mata kuliah, seperti bertanya dan lainnya, jadi sama saja seperti dosen berada di ruang kuliah.

kuliah-teleconference-fti-uad-2

Isana Arum Primasari, S.T., M.T. (Dosen Pengampu Kuliah Perancangan dan Pengembangan Produk) saat ditemui reporter fakultas menyampaikan “ Sungguh merupakan suatu kehormatan bagi Universitas Ahmad Dahlan khususnya program studi teknik industri bisa menyelenggarakan kuliah bersama melealui kuliah teleconference. Menurutnya, kuliah dengan sistem teleconference sangat efektif, karena dapat memperkenalkan kepada mahasiswa pemanfaatan teknologi komunikasi canggih secara tepat .Di samping itu, para mahasiswa dapat akrab dan terbiasa dengan teknologi komunikasi jarak jauh seperti ini. Beliau juga menambahkan penyelenggaraan kuliah teleconference yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen teknik industri, sepenuhnya disupport oleh Biskom UAD yang mendampingi acara untuk setting dan uji koneksi sehingga kuliah teleconference bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan.

/(ns)