• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 01 Sep 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Bertukar pikiran sekaligus mempelajari dan menambah wawasan serta mengembangkan kemampuan” merupakan tujuan utama dari studi banding kali ini. Selama 3 hari (25-27/08/2016) Program Studi Teknik Industri  Fakultas Teknologi Industri UAD (FTI UAD) melakukan studi banding ke- Jawa Timur tepatnya di Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Kristen Petra, Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dalam Studi Banding kali ini terdiri dari seluruh dosen, mahasiswa, beserta staff laboran Program Studi Teknik Industri.

Ubaya-3_2

Studi Banding Universitas Surabaya (Ubaya)

Pada Kamis (25-08-2016),melakukan kunjungan studi banding ke Universitas Surabaya (Ubaya). Kunjungan diterima langsung oleh bapak Markus Hartono, S.T., M.Sc., Ph.D, CHFP (kajur Teknik Industri Ubaya) yang didampingi oleh bapak M. Arbi Hadiyat, S.Si., M.Si., ibu Indri Hapsari, S.T., M.T., bapak Eric Wibisono, S.T., M.Eng., Ph.D., ibu Dina Natalia Prayogo, S.T., M.Sc., dan ibu Dr. Dra. Amelia Santoso, M.T. (Dekan Fakultas Teknik). Bapak Markus Hartono memberikan ucapan selamat datang dan memperkenalkan staf-staf di jurusan Teknik Industri Ubaya. Setelah itu ibu Annie Purwani selaku kaprodi Teknik Industri UAD menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan kunjungan dan menyampaikan tujuan studi banding ini.

Kunjungan studi banding ke Ubaya adalah untuk belajar mengenai pengelolaan laboratorium Teknik Industri dan pengelolaan internal jurusan. Mengenai pengelolaan laboratorium dijelaskan oleh bapak Markus Hartono selaku ketua laboratorium (kalab) Engineering Management, bapak Arbi Hidayat menjelaskan mengenai pengeloaan laboratorium Quality and Performance Management, dan laboratoium Teaching Industry dijelaskan oleh ibu Indri Hapsari selaku kalabnya. Pada kesempatan itu pula ibu Annie Purwani bertanya mengenai pengelolaan praktikum terintegrasi teknik industri yang dijawab oleh bapak Markus dan ibu Indri. Salah seorang mahasiswa prodi Teknik Industri UAD, Widy Meilda menanyakan mengenai pengelolaan kerja praktek dan profil lulusan Ubaya. Pengelolaan internal jurusan dijelaskan langsung oleh bapak Markus, bapak Eric, dan ibu Amelia yang berkesempatan dapat hadir di acara kunjungan. Jurusan Teknik Industri Ubaya memberikan kesempatan untuk melakukan kerja sama dengan Teknik Industri UAD. Acara studi banding ke Ubaya diakhiri dengan penyerahan cindera mata kepada bapak Markus Hartono dan foto bersama. Setelah itu prodi Teknik Industri UAD berkunjung ke laboratorium Teaching Industry Ubaya.

Petra-1_2

Studi Banding Universitas Petra Surabaya

Masih dihari yang sama program studi Teknik Industri UAD melakukan studi banding ke Universitas Kristen Petra, Surabaya. Pada kunjungan kali ini disambut dengan hangat oleh  ibu Dra. Indriati Njoto Wibisono, M.Sc. (kaprodi Teknik Industri Universitas Kristen Petra), bapak Drs. Jani Rahardjo, MBA. Tech., Ph.D., ibu Dr.rer.nat. Siana Halim, S.Si., M.Sc.nat., bapak I Gede Agus Widyayana, S.T., M.Eng., Ph.D., ibu Liem Yenny Bendatu, S.T., M.Sc., bapak Ir. Kriswanto Widiawan, MBA. Tech., dan bapak Dr. Drs. I Nyoman Sutapa, M.Sc.nat. Diawali oleh sambutan bapak Jani Rahardjo yang menerima kedatangan prodi Teknik Industri UAD. Ibu Annie Purwani selaku kaprodi Teknik Industri menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan kunjungan dan menyampaikan tujuan studi banding ini.

Tujuan kunjungan studi banding ini adalah untuk belajar mengenai pengelolaan jurnal, praktikum terintegrasi teknik industri, dan program studi. Sesi pengelolaan jurnal diwakilkan oleh ibu Siana Halim dan bapak I Gede Agus Widyayana yang menjelaskan proses tata kelola jurnal dan kebutuhan-kebutuhan mengenai akreditasi jurnal nasional. Dilanjutkan sesi mengenai praktikum terintegrasi teknik industri yang dijelaskan oleh bapak Jani Rahardjo, bapak Kriswanto Widiawan, dan bapak I Gede Agus Widyayana. Pada sesi pengelolaan program studi dijelaskan oleh ibu Indriati Njoto Wibisono selaku kaprodi Teknik Industri. Di akhir sesi tersebut ibu Annie Purwani memberikan cindera mata kepada ibu Indriati Njoto Wibisono. Kunjungan studi banding dilanjutkan ke laboratorium Teknik Industri Universitas Kristen Petra dan diakhiri dengan foto bersama.

UMM-3-276x300

Studi Banding UMM

Dihari yang ke dua Jumat (26-08-2016), program studi Teknik Industri UAD melakukan kunjungan studi banding ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kunjungan disambut oleh bapak Ilyas Masudin, Ph.D. (kaprodi Teknik Industri UMM) yang didampingi oleh bapak Teguh Baroto, S.T. , M.T., bapak Ir. Heri Mujayin Kholik, M.T., ibu Annisa Kesy G, S.T., M.T., ibu Shanty Kusuma Dewi, S.T., M.T., ibu Dian Palupi Restuputri, S.T., bapak Ir. M. Lukman, M.T., dan bapak Dr. Ahmad Mubin, M.T. Pada kesempatan tersebut ibu Annie Purwani menyampaikan maksud studi banding sekaligus silaturrahim ke UMM. Studi banding ini bermaksud belajar mengenai pengelolaan praktikum terintegrasi teknik industri, pengelolaan program studi, dan pembentukan karakter mahasiswa. Ibu Annisa Kersy selaku ketua laboratorium menjelaskan pengelolaan praktikum terintegrasi dan laboratorium yang ada di Teknik Industri UMM. Bapak Teguh dan bapak Heri memberikan beberapa tambahan mengenai pengeloaan laboratorium dan praktikum serta karakter mahasiswa. Acara ditutup dengan penyerahan cindera mata kepada bapak Ilyas Masudin dan prodi Teknik Industri UAD berkunjung ke laboratorium UMM.

doc ie./ (ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa