• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 24 Apr 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Pencapaian mutu pendidikan tinggi khususnya Penjaminan mutu dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar pendidikan tinggi, serta mengevaluasi dengan evaluasi diagnostik, evaluasi formatif, evaluasi sumatif serta Audit Mutu Internal (AMI). Pada hari Selasa 24 April 2018 Program Studi yang ada dilingkungan Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD), yaitu Program Studi Informatika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Elektro dan Program Studi Teknologi Pangan melalukan proses AMI dengan harapan Program Studi yang ada dilingkungan FTI UAD sebagai salah satu sistem yang menjadi satu pilar dalam perkembangan di UAD. Sistem AMI secara terus menerus diasah untuk melakukan pengecekan dan selalu memastikan program-program yang ada, untuk benar-benar dilaksanakan di lapangan, yang secara berkala dipantau dengan mempertanyakan hasil kerja yang sudah di tempuh.

AMI FTI UAD

Pelaksanaan sistem mutu di Universitas Ahmad Dahlan diwujudkan dengan menyusun dokumentasi proses bisnis yang merupakan pembakuan prosedur-prosedur oprasional aktifitas akademis SOP (Standard Operating Procedure). Struktur dokumen mutu mencakup: Manual Mutu, Rencana Mutu, Wewenang dan Tanggung Jawab, Istruksi Kerja dan Formulir. Dengan adanya AMI ini maka semua aktifitas akan diketahui dan dipantau sejauh mana efisiensi SOP yang di jalankan oleh masing-masing penangung jawab yang ada di setiap Program Studi. AMI dilakukan oleh auditor -auditor yang terlatih dan dikelola oleh Komisi Audit terpusat pada tingkat Universitas Ahmad Dahlan dan di bawah Badan Penjaminan Mutu (BPM). Tim AMI terdiri dari beberapa orang auditor untuk melaksanakan tugas audit sebuah unit atau program studi pada jadwal yang sudah dtentukan.

AMI FTI UAD

Audit Internal Mutu (AMI) adalah kegiatan monitoring dan evaluasi sistem penjaminan mutu internal dan implementasinya. Monitor dan evaluasi terdiri dari audit, asesmen dan evaluasi yang dilakukan secara berkala untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan dan untuk mengetahui penyebab-penyebab ketidaksesuaian pelaksanaan dengan perencanaan. AMI merupakan proses evaluasi akademik untuk mengetahui ketercapaian terhadap standar yang telah di tetapkan.

Tujuan Audit mutu internal yaitu mencocokan data kepada pihak teraudit, namun untuk mencocokan kesesuaian antara standar pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh perguruan tinggi dengan kenyataan dan fakta yang ada dilapangan harus sesuai dengan data-data yang ada, disamping itu juga mencari peluang untuk peningkatan mutu internal masing-masing program studi yang ada dilingkungan Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa