• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 25 Sep 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Stress yang kita alami merupakan masalah yang timbul karena bergelut dengan aktivitas sehari-hari, sehingga perlu mendapatkan perhatian lebih, karena jika mengalami stres pada tingkat tinggi atau berlebihan cenderung akan menjadi tidak optimal dalam beraktvifitas. Pada diri para karyawan berkembang berbagai macam gejala Stress yang dapat mengganggu pelaksanaan kerja mereka, stress dapat juga membantu atau fungsional, tetapi juga dapat berperan salah atau merusak prestasi kerja pada diri karyawan. Dalam mengelola manajemen stress Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) UAD menyelenggarakan pelatihan manajemen stress yang ditujukan untuk karyawan admiistrasi UAD Tahun 2018. Pelatihan manajemnen stress tersebut diselenggarakan di Hotel Pop pada tanggal 24-26 September 2018.

Narasumber pada pelatihan manajemen stress untuk karyawan administrasi UAD tersebut terdiri dari Triantoro Safaria, Ph.D.,Psi. dan Aulia, M.Psi, Psikolog. Pada pelatihan ini dibagi menjadi 2 sesi, untuk sesi pertama disampaikan oleh Triantoro Safaria, Ph.D.,Psi., beliau menyampaikan materi tentang bagaimana terjadinya stress serta gejala fisiologis, gejala emosional, gejala kognitif, gejala interpersonal serta gejala organisasional. Disamping itu para peserta diberi pengetahuan tentang pendekatan spiritual serta bersama-sama menjalani teknik terapi dzikir.

Pada sesi kedua Aulia, M.Psi, Psikolog menyampaikan materi tentang ā€œTeknik berpikir positif, pengelolaan pikiran, restrukturisasi kognitif, seta strategi praktis untuk mengelola stress emosional. Beliau juga menyampaikan metode macam teknik relaksasi baik itu dengan metode cue-controlled relaxation, teknik relaksasi autogenik, teknik latihan relaksasi otot, serta relaksasi imagery. Para peserta juga melakukan gerakan relaksasi sesuai dengan arahan dari narasumber.


Harapan dari pelatihan manajemen stress yaitu dalam manajemen stress adalah sedini mungkin untuk menghindari stress itu sendiri, caranya bisa dengan rajin beribadah, berdzikir, dan berolahraga, Dengan begitu hidup tenang bisa kita raih. Dengan menerapkan beberapa hal yang sudah di sampaikan, semoga kita bisa menjadi pribadi yang bukan hanya sehat dalam urusan jasmani, namun juga rohani. Baik fisik ataupun psikis. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa