• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 25 Des 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Di penghujung tahun 2016, tepatnya hari Jumat 23 Desember 2016, Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan kedatangan tamu spesial, seorang anak bangsa yang merakit dan membuat telepon seluler (ponsel) canggih dan pintar buatan sendiri berbasis arduino. Pembuat ponsel pintar ini adalah seorang pemuda asal Indonesia yang telah menyelesaikan studi serta memperoleh beasiswa dari Hanze University Groningen Belanda, dengan konsentrasi electronics sensor. Beliau adalah Pamungkas Prawisuda Sumasta. Pada hari itu mahasiswa Teknik Elektro FTI UAD berhasil mendatangkan beliau untuk mengisi kuliah umum sekaligus memberi motivasi dan berbagi ilmu seputar dunia elektronika kepada mahasiswa.

dsc_0418
Sebelum memberi kuliah umum terlebih dahulu Sumasta diterima oleh Kartika Firdausy, S.T., M.T. (Dekan FTI) di ruang kerjanya. Pemuda asli Indonesia yang memiliki banyak keahlian di bidang elektronika, seperti electronics circuit, printed circuit board, embedded software, maupun circuit schematic simulation tersebut, sangat berterimakasih sudah diberi kepercayaan untuk mengisi kuliah umum di FTI UAD.

dsc_0421
Kuliah umum yang dikemas secara interaktif, dipandu oleh Jehian Kamal, mahasiswa Program Studi Teknik Elektro, FTI UAD. Sumasta sharing tentang pengalaman sejak saat belajar dan aktif di klub robotika di SMAN 3 Yogyakarta, menempuh studi di Belanda dengan beasiswa, hingga berbagi ilmu di bidang technopreneurship. Sebelumnya terlebih dahulu ditampilkan profil handphone (smartphone) canggih hasil karya asli anak bangsa dengan segudang fitur yang bisa dikatakan cukup canggih untuk sebuah smartphone dengan berbasis arduino antara lain fitur tersebut : Phone book, Telepon, SMS, Bluetooth Lamp Controller (dapat mengontrol lampu rumah/kamar dengan sebuah tombol sentuh pada layar smartphone tanpa menggunakan kabel), bluetooth presentation slider, serial bluetooth data simetris, additional touchpad, image viewer, games, pedometer, apple docking system (bisa di-charge lewat docking milik apple), MP3 Player, Radio FM. Juga dilengkapi berbagai sensor seperti proximity, breadboard on-the-go untuk keperluan eksperimen teknis, dan masih banyak yang lainnya.

dsc_0435
Saat ini beliau bermukim di Belanda, dalam kunjungannya di Kota Gudeg Yogyakarta beliau ingin memanfaatkan waktu berlibur selama 2 pekan, tapi tidak disangka mahasiswa FTI UAD sungguh kreatif mencari tahu keberadaan saya, sehingga saya diminta mengisi kuliah umum di Universitas Ahmad Dahlan. Ini merupakan suatu kehormatan bagi saya bisa berbagi ilmu dengan kalian, teman-teman mahasiswa Program Studi Teknik Elektro“, ungkap Sumasta dengan penuh semangat.

dsc_0430

sumasta

/(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa