• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 03 Feb 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Dengan tema “Membentuk prodi yang unggul di bidang Informatika bersama Asosiasi Program Studi Informatika melalui Kompetensi Mahasiswa dan Dosen” Pada Tanggal 1-3 Februari 2018 bertempat di Hotel Arjuna Yogyakarta, diselenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Asosiasi Program Studi Informatika/Ilmu Komputer Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), Aisyiyah. RAKORNAS ini merupakan tindak lanjut dari Asosiasi Program Studi Informatika (APSI)  guna menyusun langkah dan upaya untuk melaksanakan program kerja yang sudah disepakati melalui suatu rapat koordinasi antar prodi Informatika dari semua perguruan tinggi Muhammadiyah, Aisyiyah.

Peserta Rakornas tersebut terdiri dari prodi Informatika Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, STIMIK Muhammdiayah Jakarta, STMIK Muhammadiyah Banten, STMIK Muhammadiyah Paguyangan, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Muhammadiyah Malang, UHAMKA, dan Universitas Ahmad Dahlan.

Materi kegiatan RAKORNAS tersebut diantaranya membahas diskusi terkait Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) dan kaitannya dengan pelatihan kompetensi bagi mahasiswa, diskusi terkait Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan kaitannya dengan pelatihan kompetensi bagi mahasiswa, menentukan dan menetapkan skema pelatihan kompetensi bagi mahasiswa Informatika, menyusun jadwal pelatihan Training of Trainer bagi dosen Informatika yang akan ditunjuk sebagai trainer untuk pelatihan kompetensi bagi mahasiswa sebagai pelengkap Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), dan Klinik Paralel Pengelolaan Jurnal, Percepatan tugas akhir mahasiswa, dan Kurikulum.

RAKORNAS yang bertujuan untuk mengajak semua program studi informatika ataupun yang serumpun untuk bersama-sama menyusun dan melaksanakan program-program kegiatan yang dapat mendukung program studi untuk pengembangan diri dan menjadi unggul di bidang Informatika sesuai dengan kompetensi masing-masing perguruan tinggi, serta untuk mensinergikan keunggulan prodi Informatika yang dimiliki oleh setiap perguruan tinggi muhammadiyah, untuk dapat saling mengisi kekurangan dari masing-masing prodi agar dapat maju secara bersama-sama sesuai kompetensi yang dimiliki. Rakornas ini menghadirkan narasumber Prof. Lincolin, dan Dr. Muchlas, M.T. (Majelis Litbang Dikti Muhammadiyah).  “Terang Sri Winiarti, S.T., M.CS. (PIC Acara RAKORNAS & Ketua Prodi Informatika Universitas Ahmad Dahlan). /(ns)