• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 24 Jul 2014 | 0 komentar

(FTI Press) Telah lebih dari lima dasa warsa, Muhammadiyah  berkiprah  melalui berbagai amal usaha serta turut berperan aktif dalam mendukung pemerintah di bidang pendidikan, khususnya pada bidang pendidikan tinggi. Guna menjawab kepentingan serta tantangan tersebut, perlu adanya evaluasi serta memacu progresifitas inovasi dan kreasi di bidang teknologi, sehingga pada tahun 2010 didirikan Forum Grup Diskusi Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FGDT PTM), yaitu pada pertemuan kelima Forum Dekan Fakultas Teknik Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FT PTM). Sedangkan Forum Dekan FT PTM se-Indonesia didirikan tahun 2003 di UM Gresik berdasarkan inisiatif dari Dekan FT UM Magelang, Dekan FT UM Gresik, dan Dekan FT UM Malang dengan dihadiri Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat (Majelis Dikti PP) Muhammadiyah dan beberapa Dekan dan utusan FT PTM. .

rencana kerja FGDT V 2014 di FTI UAD

Suasana Rencana Rapat Kerja FGDT V 2014 di Fakultas Teknologi Industri UAD

Untuk meningkatkan penguasaan sains dan teknologi di kalangan Perguruan Tinggi Muhammadiyah perlu dibentuk Forum Grup Diskusi Teknologi (FGDT PTM) yang beranggotakan program studi / fakultas di bidang teknik PTM seluruh Indonesia. Kegiatan pertemuan FGDT PTM yang ke – 5 tahun 2014 direncanakan akan diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Riau. Untuk persiapannya, pada tanggal 18 Juli 2014 diadakan rapat di Kampus 3 Fakultas Teknologi Industri UAD. Hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya perwakilan dari UM Riau, UM Surakarta, UM Surabaya, UM Malang, UM Palembang, UHAMKA, dan UM Yogyakarta. Dekanat FTI UAD, para kaprodi, dan perwakilan dosen FTI UAD juga turut hadir. Sebagai calon tuan rumah pada pertemuan FGDT V, Ir. Indra Hasan, M.T., Dekan Fakultas Teknik UM Riau juga hadir pada forum tersebut.

Indra Hasan  menyatakan kesiapannya menyukseskan agenda rutin tahunan ini. Rencana pelaksanaan FGDT V akan digelar beberapa event, seperti: Seminar Nasional, Program Kreativitas Mahasiswa, Forum Dekan, Pameran Teknologi, serta City Tour. Evaluasi dan masukan untuk pelaksanaan FGDT V disampaikan oleh pihak UM Surabaya, sebagai tuan rumah FGDT IV tahun 2013 lalu. Selain itu, Dekan Farmasi UAD, Dr. Dyah A. Perwitasari juga berkenan berbagi pengalaman tentang kegiatan di Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Muhammadiyah Indonesia (APTFMI).

Rencana Rapat kerja FGDT V 2014 di FTI UAD

Rencana Rapat Kerja FGDT V 2014 yang di hadiri Dekan Teknik Universitas Muhammadiyah seluruh Indonesia

Sesi berikutnya adalah sosialisasi Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI). Untuk mendukung kesiapan lulusan dalam berkompetisi perlu dibekali dengan sertifikasi yang menegaskan kompetensi mereka, demikian penjelasan dari Dr. Kartono Wibowo, ketua pembina APTI. Selain itu, Ir. Sutik (sekjen APTI) menyampaikan bahwa terbuka peluang bagi PTM untuk bergabung menjadi cabang propinsi ataupun cabang perwakilan kampus. Pada sesi ini turut bergabung peserta dari UM Palembang dan UM Prof. Dr. Hamka, Jakarta. Rangkaian dari kegiatan tersebut pada hari Jumat diakhiri dengan buka bersama.

(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa