• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 16 Agu 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Guna untuk menyempurnakan rancangan kurikulum 2016 yang akan segera diterapkan pada semester Gasal 2016/2017 tahun ini, Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas ahmad dahlan (FTI UAD) terus melakukan pengembangan dan penyempurnaan kurikulum 2016 tersebut. Pengembangan dan penyempurnaan kurikulum ini merupakan bagian yang paling inti dari sederet pengembangan tata kelola sistem pendidikan tinggi di tingkat program-studi, dalam upaya penyesuaian kurikulum terhadap perkembangan standard kompetensi bidang kerja di dunia industri, penyesuaian tehadap perkembangan teknologi global, atau adanya kebijakan institusi terkait dengan tuntutan pergeseran visi misi serta norma yang berkembang di masyarakat.

Verifikasi-di-Arjuna_1-1024x576

Program Studi Teknik Industri FTI UAD mengundang Dr. TMA Ari Samadhi Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk memverifikasi kurikulum 2016 dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dari beberapa mata kuliah terpilih yang mewakili rumpun-rumpun keilmuan teknik industri. Verifikasi kurikulum ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 11-12 Agustus 2016 di Hotel Arjuna.

Verifikasi hari pertama dilakukan terhadap rancangan kurikulum 2016 yang dipresentasikan oleh Ketua Program Studi Teknik Industri (Annie Purwani, S.T.P., M.T.). Setelah Ketua Program Studi melakukan presentasi tersebut, Dr. TMA Ari Samadhi langsung memberikan saran dan perbaikan terhadap posisi mata kuliah di beberapa semester, sehingga sesuai dengan standar BKSTI. Disamping itu beliau juga memverifikasi rancangan modul praktikum Perancangan Teknik Industri (PTI) oleh salah satu pengampu praktikum (Isana Arum Primasari, S.T., M.T.). kemudian dilanjutkan verifikasi mengenai format RPS prodi Teknik Industri dan isi RPS mata kuliah supply chain management.

Verifikasi-di-Arjuna_3-1024x768

Verifikasi pada hari kedua adalah mengenai RPS beberapa mata kuliah yang mewakili rumpun keilmuan. Pada kesempatan tersebut, Fatma Hermining Astuti., S.T., M.Sc. mempresentasikan RPS mata kuliah sistem produksi. Dr. TMA Ari Samadhi mencermati format dan isi RPS tersebut dan kemudian memberikan masukkan mengenai pembuatan RPS yang berfokus pada pencapaian pembelajaran dan kemampuan akhir yang dimiliki mahasiswa, bila akan mengambil mata kuliah tersebut. Beliau juga mencermati proses penilaian pembelajaran yang melihat kemampuan akhir yang ingin dicapai di level dosen pengampu mata kuliah dan kaprodi. Verifikasi selanjutnya adalah mengenai RPS pengantar teknik industri oleh Muhammad Faishal, S.T., M.Sc., serta RPS kalkulus dan Fisika oleh perwakilan prodi Matematikan dan Fisika, RPS sistem lingkungan industi oleh Okka Adiyanto, S.T., M.Sc., RPS ergonomi & perancangan sistem kerja oleh Choirul Bariyah, S.T., M.T.

Di penghujung waktu setelah presentasi RPS selesai , Dr. TMA Ari Samadhi menyampaikan saran bahwa proses pengajaran akan terus berlanjut (continous improvement) dengan berbagai bentuk sistem di lapangan. Mencapai tujuan capaian pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode pengajaran agar mahasiswa  Teknik Industri dapat mencapai kemampuan akhir yang diharapkan. Acara ditutup oleh kaprodi dengan mengucapkan terima kasih kepada Dr. TMA Ari Samadhi yang bersedia meluangkan waktunya untuk verifikasi kurikulum 2016 Program Studi Teknik Industri.

Doc prodi/(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa