• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 16 Apr 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Tim Robot Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, yang didominasi oleh mahasiswa Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, siap untuk bertanding mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018. Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. ​Kontes Robot Indonesia ini dapat diikuti oleh tim mahasiswa pada Perguruan Tinggi yang tercatat di Kemenristekdikti. KRI 2018 terdiri dari 5 (lima) divisi, yaitu: 1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); 2. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI); 3. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); 4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; dan 5. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda.

Tim Robot FTI UAD

Universitas PGRI Semarang ditunjuk untuk menyelenggarakan Kontes Tingkat Regional 3 pada tanggal 16-18 April 2018 dan diikuti oleh peserta dari (area Jawa bagian tengah, kalimantan bagian timur dan selatan). Tim terbaik pada Kontes Tingkat Regional akan diundang untuk ikut serta dalam Kontes Tingkat Nasional di Surabaya. Juara pertama KRAI Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada ABU Robocon 2018 di Ninh Binh, Vietnam. Juara pertama KRPAI Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada Trinity College International Robot Contest 2019 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Juara pertama KRSBI Humanoid Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada ROBOCUP 2019. Untuk KRSTI dan KRSBI Beroda belum diatur afiliasi-nya.

Tim Robot FTI UAD

4 Tim Robot dari Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan yang tergabung dalam kelompok studi RDC (Robotic Development Community) Program Studi Teknik Elektro, akan mengikuti 4 kategori dengan mengirimkan 4 Tim untuk mengikuti Kontes Tersebut, berikut susunan tim yang akan berjuang di Regional 3 :

1. Sagotra divisi KRAI (Kontes Robot Abu Indonesia) dengan ketua Tim Anggit Febriawan (dosen pembimbing Ir. Wahyu Sapto Aji, S.T., M.T.,IPM.)
2. Fire-x divisi KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia) dengan ketua Tim Arif Nugroho (dosen Pembimbing Riky Dwi Puriyanto, S.T., M.Eng.)
3. Al-jazari divisi KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia) dengan ketua Tim Dzulfikarwidyat (dosen Pembimbing Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng.)
4. Lanange Jagad divisi KRSTI (kontes Robot Seni Tari Indonesia) dengan ketua Tim Anggit Pamungkas (dosen Pembimbing Abdul Fadlil, S.T., M.T., Ph.D.)

robot uad

Tim RDC Program Studi Teknik Elektro melalui Ibnu Atma Kusnadi, saat ditemui reporter fakultas menyampaikan” dalam kompetisi tersebut merupakan ajang kompetisi kemampuan dari masing-masing perguruan tinggi untuk menunjukkan kepiawaian para mahasiswanya dalam merancang dan membuat serta memprogram robot-robot ciptaannya. Ibnu dan seluruh tim robot UAD juga meminta doa restu dan dukungan kepada seluruh civitas akademika UAD agar kami bisa meraih prestasi pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 Regional 3 di Universita PGRI Semarang. /(ns)