• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 12 Agu 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (PSTE FTI UAD) menerima kunjungan dari Fakultas Ekonomi Pembanguan Universitas Negeri Malang. Kunjungan yang dilakukan pada hari Kamis 10 Agustus 2017 tersebut, melakukan agenda studi banding terutama kepada Tim pengelola jurnal Telkomnika. Dalam studi banding ini rombongan yang terdiri dari 10 dosen tersebut berkesempatan untuk mempelajari tentang pengelolaan dan publikasi jurnal Telkomnika Internasional Universitas Ahmad Dahlan. Rombongan dari Fakultas Ekonomi Pembanguan Universitas Negeri Malang yang berkunjung diantaranya, Dr. Narikh, S.E., M.P., M.Pd., (Wakil Dekan II), Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M. (Ketua Jurusan), Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.S., rombongan tersebut diterima langsung oleh Ketua Program Studi Teknik Elektro FTI UAD Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng., Ir. Wahyu Sapto Aji, S.T., M.T., IPM (Kepala Lab) pengelola jurnal Telkomnika Dr. Anton Yudhana, M.T., serta Son Ali Akbar, S.T., M.Eng.

Jurnal Telkomnika UAD sendiri terbit pertama kali pada bulan Desember 2003 oleh Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri UAD. Saat ini, Telkomnika telah menerbitkan lebih dari 1.000 artikel. Tahun 2007-2010, semua naskah diterbitkan dalam dua bahasa yakni Indonesia dan Inggris. Namun sejak edisi Desember 2010, semua naskah diterbitkan dalam bahasa Inggris. Penerbitan jurnal tersebut di pelopori oleh Editor in Chief Telkomnika Tole Sutikno, S.T., M.T., Ph.D.

Anton Yudhana menjelaskan tentang  sejarah Telkomnika. TELKOMNIKA (Telekomunikasi, Komputasi, Elektronika dan Pengendalian) adalah peer review Jurnal Internasional dalam bahasa Inggris. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek perkembangan yang beredar terbaru di bidang teknik listrik. Ruang lingkup meliputi aplikasi Telekomunikasi dan Informasi Teknologi, Terapan Computing dan Komputer, Instrumentasi dan Kontrol, Listrik (Power), dan Teknik Elektronika. Sebagai jurnal internasional, Telkomnika UAD sudah masuk dalam indeks Scopus, lembaga pengindeks yang mengevaluasi kinerja atau kualitas jurnal ilmiah tingkat internasional.  Saat ini jurnal ilmiah Telkomnika  UAD menjadi jurnal internasional pertama yang dimiliki perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia. Prestasi yang baru saja di raih oleh Jurnal Telkomnika pada bulan Agustus 2017 ini adalah Pemenang Sinta Award kategori Jurnal Indonesia Terbaik 2017 (TELKOMNIKA, index Scopus)./ (ns)