• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 11 Okt 2014 | 0 komentar

(FTI Press) Dalam rangka mengimplementasikan rencana kerja Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan  (FTI UAD) untuk menyusun dokumen kompetensi lulusan sesuai dengan visi fakultas, pada hari Jumat tanggal 10 Oktober 2014, delegasi Fakultas Teknologi Industri  sejumlah 16 orang yang terdiri dari Dekanat , Ketua Program Studi, Kepala Kantor Fakultas, Humas Fakultas, Tim Matrikulasi serta Tim Penyusun Dokumen Kompetensi Lulusan berkunjung ke Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FT UMY). Rombongan FTI UAD diterima langsung oleh Bapak Jazaul Ikhsan, S.T., M.T., Ph.D. Dekan FT UMY serta jajaran pejabat di lingkungan Fakultas Teknik UMY.

DSC_0106-300x199

Penyerahan Cinderamata

Kartika Firdausy, S.T., M.T. selaku Dekan FTI UAD dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak FT UMY yang telah berkenan menerima rombongan dari  FTI UAD untuk menimba ilmu tentang sistem pembelajaran dan penyelengaraan program fakultas di FT UMY. Ditambahkan pula saat ini FTI UAD tengah mengembangkan program peningkatan kemampuan berkomunikasi global bagi mahasiswa, yaitu pembelajaran bahasa inggris secara intensif untuk mahasiswa. Selain itu, juga sedang melakukan proses evaluasi program matrikulasi bagi mahasiswa baru yang diselenggarakan mulai tahun ajaran 2013/2014. Dalam kunjungan studi banding ini diharapkan kedua belah pihak bisa saling tukar informasi sehingga apa yang menjadi pembahasan bersama akan menghasilkan ide-ide baru, agar hasil kunjungan yang bernilai positif ini bisa diterapkan dalam sistem pembelajaran di  lingkungan FTI UAD.

DSC_0111-300x199

Foto Bersama Delegasi FTI UAD bersama Jajaran Pimpinan FT UMY

Dekan FT UMY  Jazaul Ikhsan, S.T., M.T., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan dari Fakultas Teknologi Industri UAD ini merupakan sarana untuk mempererat tali silaturahmi sesama Perguruan Tinggi Muhammadiyah, di samping itu juga untuk saling tukar informasi guna memajukan lembaga pendidikan khususnya di lingkungan fakultas teknik. Jazaul Ikhsan juga menambahkan bahwa untuk membekali setiap mahasiswa tentunya setiap lembaga pendidikan harus memiliki program-program unggulan, sehingga bisa memotivasi setiap mahasiswa untuk semakin berkembang  sesuai dengan tuntutan zaman saat ini. Dalam hal tersebut setiap program studi harus menghadirkan kualitas output lulusan yang sesuai kebutuhan pengguna  yang semakin tinggi. Untuk itu setiap program studi harus mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), sesuai kebijakan di tingkat universitas (UMY). Kurikulum program studi merupakan titik sentral yang menentukan kualitas lulusan. Di samping itu diperlukan pemahaman secara detail untuk menentukan langkah penyusunan kurikulum,  sehingga setiap program studi harus mampu menyusun kurikulum sesuai keunikan dan keunggulan program studi masing-masing  sebagai kunci kepercayaan masyarakat terhadap program studi yang dimiliki oleh fakultas.

Agenda kunjungan di FT UMY ini diharapkan bisa menambah wawasan baru bagi tim penyusun dokumen kompetensi lulusan Fakultas Teknologi Industri  UAD, serta dapat membantu program studi untuk menentukan langkah ke depan dalam menyusun Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).

(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa