• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 10 Nov 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Perusahaan mencari lulusan teknik terbaik untuk mengisi kebutuhan pada berbagai bidang industri. Besarnya kesempatan pada bidang teknik memiliki arti bahwa perusahaan menginginkan seseorang yang berkeinginan untuk menghadapi tantangan pada bidang pekerjaan yang ditawarkan. Masing-masing area tersebut memiliki kriteria khusus dalam mencari kandidat pekerja yang tepat. Sebagai contoh, Teknik kimia diharapkan memiliki keahlian dalam sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan teknik kimia. Seorang engineer akan menghadapi banyak hal yang berhubungan dengan angka di pekerjaannya, hal tersebut sangat penting jika mereka mampu mengaplikasikan prinsip matematika dan sains dalam menyelesaikan pekerjaan. Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD), pada hari Kamis 10 November 2016 menyelenggarakan Studium General dengan menghadirkan narasumber Dika Fitriansyah, M.Sc., P.Eng. (Technical Manager PT. Santosa Eka Perdana Prima dan R&D Director PT. Panji Laborta Chemindo).

dika-fitriansyah-m-sc-mba-6

Dika Fitriansyah, M.Sc., P.Eng.

Studium General yang dibuka langsung oleh Ketua Program Studi Teknik Kimia Dr. Erna Astuti, S.T., M.T. dihadiri ±150 mahasiswa Teknik Kimia dari lintas angkatan. Studium General tersebut bertujuan untuk memberi bekal, pengetahuan serta motivasi kepada mahasiswa Teknik Kimia sebelum menjadi seorang engineer yang handal. Lebih lanjut Dika Fitriansyah memberikan gambaran dan pengalaman pribadi serta kunci sukses menjadi seorang engineer. Seorang engineer bekerja dan berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang dan kepentingan yang bervariasi. Bekerja pada bidang yang sangat teknis seperti ini, mereka sering diharapkan untuk menyampaikan informasi mengenai pekerjaan melalui cara yang paling dapat dimengerti. Mampu berkomunikasi secara efektif menjadi sesuatu yang bernilai tinggi dan sangat dicari.

dika-fitriansyah-m-sc-mba-4

Interaksi dengan peserta workshop yang hadir memenuhi Auditorium Unit D Kampus 3 UAD sangat terbangun, sehingga peserta semakin antusias mengikuti workshop sampai akhir acara. Salah satu contoh Dika Fitriansyah,menyampaikan kepada peserta untuk mengungkapkan sebuah alasan dan menunjukkan sikap yang mendukung alasan anda secara logis dengan tidak emosional. Salah satu mahasiswa diminta untuk menunjukkan titik kelemahan yang ada pada dirinya dan apa yang menjadi kelebihan pada diri mahasiswa tersebut. Disinilah timbul kepercayaan diri seorang mahasiwa, contoh kasus untuk mengerjakan sebuah tanggung jawab atau tugas usahakan berhasil, meskipun itu dari hal-hal yang kecil dulu. Kalaupun terjadi kegagalan segera mencari solusi, dan jangan ditinggalkan begitu saja. Usahakan anda yang harus menyelesaikannya sampai tuntas. Jika tanggung jawab kecil saja sukses, maka tanggung jawab yang besar ada kemungkinan akan diberikan.

/(ns)