• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 18 Des 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Pembangunan proyek gedung dengan nilai kontrak yang besar biasanya akan membutuhkan suatu konsultan pengawas yang mengawasi jalannya proyek tersebut. Konsultan pengawas pada proyek gedung disebut dengan Manajemen Konstruksi. Manajemen Konstruksi (MK) ini bisa berupa badan usaha atau tidak tergantung dari jenis proyek yang ditangani. Proyek-proyek yang menggunakan Manajemen Konstruksi biasanya proyek swasta atau proyek pemerintah dengan tipe Design and Build. Hal tesebut disampaikan oleh Ir. Priyantono PT. PP (Persero) dalam acara kuliah Tamu yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Univeritas Ahmad Dahlan. Kuliah tamu tersebut diikuti dosen dan ratusan mahasiswa yang berlangsung di Ruang Auditorium Utama pada hari Senin 18 Desember 2017.

Manajemen konstruksi adalah penentu kebijakan tertinggi dalam menentukan metode pelaksanaan sebuah proyek. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa manajemen konstruksi adalah proses penerapan fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan dan penerapan) secara sistimatis pada suatu proyek dengan menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien agar tercapai tujuan proyek secara optimal. Pada pelaksanaan pembangunan proyek gedung, terdiri dari 3 sub pekerjaan besar antara lain pekerjaan struktur, arsitektur dan interior, dan mekanikal elektrikal plumbing. Oleh karena itu minimal dari susunan struktur organisasi dari Manajemen Konstruksi adalah pengawas struktur, pengawas arsitek dan interior, dan pengawas MEP.

Endah Utami, S.T., M.T. (PIC Kuliah Tamu) menyampaikan ” Diharapkan mahasiswa mampu merumuskan langkah penyelesaian masalah-masalah manajemen industri berlandaskan analisis dan evaluasi terhadap contoh-contoh kasus nyata yang diberikan narasumber.¬† Antusias dari peserta kuliah tamu ini cukup tinggi, terbukti dari jumlah peserta yang hadir memenuhi Ruang Auditorium Utama. Ir. Priyantono merupakan¬† salah satu pelaksana proyek pembangunan gedung Universitas Ahmad Dahlan Kampus IV. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa