• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 27 Apr 2015 | 0 komentar

(FTI Press)  Pengelolaan jurusan Teknik Informatika dan kaitannya dengan perubahan nomenklatur yang baru dari Dikti serta penerapan ISO di Universitas Ahmad Dahlan, khususnya di Fakultas Teknologi Industri (FTI) menjadi topik bahasan utama dalam agenda kunjungan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FT UMY) di Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan ( FTI UAD), Rabu 22 April 2015. Rombongan FT UMY yang dipimpin Jazaul Ikhsan, S.T., M.T., Ph.D. (Dekan), didampingi oleh Ketua Program Studi dan dosen Prodi Teknologi Informasi, diterima langsung oleh Kartika Firdausy, S.T., M.T. (Dekan), Endah Sulistiawati, S.T., M.T. (Wadek), Sri Winiarti, S.T., M.Cs. (Kaprodi Teknik Informatika) serta sejumlah dosen dilingkungan FTI UAD.

FTI UAD Menerima Kunjungan Studi Banding FT UMY (4)

Suasana diskusi di ruang Dekanat FTI UAD

Dalam pembahasan lebih lanjut kedua belah pihak saling bertukar pandangan serta informasi dengan adanya daftar perubahan nomenklatur program studi yang mengacu kepada rumpun ilmu, KKNI dan penamaan secara internasional. Sehubungan dengan Perubahan Nomenklatur Kementerian Pendidikan Tinggi dari KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN menjadi KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI, maka perlu dilakukan penyelarasan berbagai peraturan menteri, salah satunya adalah tentang Rumpun Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Serta Gelar Lulusan Perguruan Tinggi.

FTI UAD Menerima Kunjungan Studi Banding FT UMY (8) FTI UAD Menerima Kunjungan Studi Banding FT UMY (5)

Tujuan Perubahan Nomenklatur Program Studi tersebut diantaranya untuk memfasilitasi tumbuhnya keilmuan baru di Indonesia, khususnya berbagai disiplin keilmuan yang dibangun oleh riset yang menggunakan pendekatan inter, multi, dan transdisiplin. Memfasilitasi penyiapan tenaga kerja profesional pada bidang – bidang baru yang dibutuhkan oleh Indonesia dan masyarakat internasional melalui penyelenggaraan program studi  akademik, vokasi, profesi, dan spesialis yang lebih beragam.

Pada kesempatan tersebut Sri Winiarti juga menyinggung tentang perubahan gelar yang terdapat pada lulusan mahasiswa Teknik Informatika FTI UAD, yang dulunya Sarjana Teknik (ST) dengan adanya perubahan nomenklatur tersebut kedepannya lulusan mahasiswa Teknik Informatika FTI UAD wisuda bulan Agustus 2015, akan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Diharapkan dengan adanya perubahan gelar ini akan semakin meningkatkan akuntabilitas penyelenggaraan program studi  Teknik Informatika.  /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa