• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 06 Agu 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Ilmu Teknik Kimia yang merupakan salah satu bidang dari Ilmu Pengetahuan Alam mempunyai ciri-ciri khusus, ciri tersebut yaitu adanya kerjasama antara eksperimen dan teori. Teori tersebut adalah pemodelan matematis terhadap berbagai prinsip dasar yang kebenarannya harus diuji dengan eksperimen. Pada dasarnya eksperimen, selain merupakan suatu proses induktif dalam menanamkan prinsip dasar yang baru, juga merupakan suatu proses deduktif bagi pengujian teori baru. Kiranya tidak dapat disangsikan bahwa praktikum yang merupakan salah satu kegiatan laboratorium sangat berperanan dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di dalam perkuliahan.

Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UAD (FTI UAD) memasuki semester gasal 2016/2017  menambah 3 peralatan baru guna menunjang Praktikum Lanjut Teknik Kimia (PLTK). Menurut Agus Aktawan, S.T. , M.Eng. (Dosen Teknik Kimia) ketiga alat baru ini sudah bisa dioperasikan untuk kegiatan praktkium pada semester gasal 2016/2017. Ketiga alat praktikum tersebut yaitu : Heat Exchanger (HE), Absorpsi, dan Aliran Fluida.

DSC_0371

Heat Exchanger (HE) adalah alat yang digunakan untuk memindahkan panas dari sistem ke sistem lain tanpa perpindahan massa dan bisa berfungsi sebagai pemanas maupun sebagai pendingin. Biasanya, medium pemanas dipakai adalah pemanasan steam yang dipanaskan sebagai fluida panas dan air biasa sebagai air pendingin (cooling water). Penukar panas dirancang sebisa mungkin agar perpindahan panas antar fluida dapat  berlangsung secara efisien.

DSC_0372

Absorpsi adalah proses pemisahan bahan dari suatu campuran gas dengan cara pengikatan bahan tersebut pada permukaan absorben cair yang diikuti dengan pelarutan. Kelarutan gas yang akan diserap dapat disebabkan hanya oleh gaya-gaya fisik (pada absorpsi fisik) atau selain gaya tersebut juga oleh ikatan kimia (pada absorpsi kimia).

DSC_0373

Aliran Fluida berguna untuk mengetahui proses alir dari fluida gas ke cair yang dipengaruhi kecepatan air dan viskositas aliran tersebut , sehingga akan mengakibatkan gesekan yang akan menurunkan tekanan fluida tersebut.

Diharapkan dengan penambahan alat praktikum tersebut bisa menunjang kegiatan praktikum mahasiswa Teknik kimia Fakultas Teknologi Industri UAD, sehingga bisa lebih mengembangkan ilmu teori yang diperoleh di bangku kuliah untuk diterapkan ke exsperimen nyata, serta meghasilkan lebih banyak lagi peneliti – peneliti muda di bidang Teknik Kimia. ” Ungkap Dr. Zahrul Mufrodhi, S.T., M.T. (pengampu matakuliah PLTK)/ (ns)