• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 21 Nov 2020 | 0 komentar

(FTI News) Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) yang diketuai Safinta Nurindra Rahmadhia,S.Si., M.Sc. (Program Studi Teknologi Pangan) dengan anggota Shinta Amelia, S.T., M.Eng., (Program Studi Teknik Kimia), dan Fitri Indra Indikawati., S.Kom., M.Eng., (Program Studi Teknik Informatika), menggelar diskusi dengan Kelompok Ternak Sapi Perah Rejomulyo.


Kelompok Ternak Sapi Perah Rejomulyo, Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem, merupakan salah satu kelompok ternak sapi perah yang produktif. Setiap hari kelompok ini mampu menghasilkan sekitar 250 liter susu sapi segar. Masih ada kendala Kelompok Ternak Sapi Perah Rejomulyo, kadang merugi karena harga jual susu sapi yang masih rendah, sementara harga pakan cukup mahal.

Dengan data yang diperoleh pada diskusi tersebut, Tim PPM FTI UAD menginisiasi program pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pelatihan diversifikasi produk berbahan dasar susu sapi segar. Produk yang dibuat yaitu sabun susu dan permen susu sapi. Pelatihan yang diberikan kepada masyarakat merupakan salah satu wujud nyata dalam upaya mengembangkan masyarakat agar lebih berdaya.

Disamping melakukan pelatihan pembuatan produk sabun dan permen susu, Tim PPM FTI UAD juga memberikan pelatihan pemasaran produk melalui media online yang dipandu oleh dan Fitri Indra Indikawati., S.Kom., M.Eng. sehingga produk dari anggota Kelompok Ternak Sapi Perah Rejomulyo dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

Wunggardi, (Ketua Kelompok) Ternak Sapi Perah Rejomulyo, mendukung adanya program yang dilaksanakan oleh Tim PPM FTI UAD yang bertujuan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan bagi anggotanya. Terang Safinta Nurindra Rahmadhia,S.Si., M.Sc. kepada reporter fakultas.
/(ns)