TAGS: | Oleh | 14 Sep 2013 | 2 komentar

Jurnal 2Foto: dari kiri Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D., Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng., Ikhsan Hidayat, S.T.

Telkomnika adalah Jurnal ilmiah dalam bidang teknik elektro, yang mencakup telekomunikasi, komputasi, elektronika,dan kendali. Jurnal merupakan salah satu sub bagian dalam tri dharma perguruan tinggi, khususnya dalam bidang penelitian. Fungsi jurnal sebagai wahana menyebarluaskan hasil penelitian, pemicu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkelanjutan, sekaligus dokumentasi hasil penelitian.

Jurnal Telkomnika pengelolaan secara online menggunakan OJS PKP dan Jurnal TELKOMNIKA  juga terindeks (registered) di DOAJ (Directory of Open Access Journal), Ulrichs web™, Open J-Gate, Index Copernicus, Engineering Village, COMPENDEX (ELSEVIER), dan GOOGLE Schoolar. Pada bulan Maret 2013 Jurnal Telkomnika terindeks di SCOPUS (Provider terbesar di dunia), ini merupakan prestasi besar yang berhasil dilakukan dan  melalui SK No. 58/DIKTI/Kep/2013, penilaian akreditasi menunjukkan bahwa Telkomnika sudah menjadi jurnal yang lebih baik, sehingga layak untuk diberi nilai “A”

Sebagai wujud syukur  atas akreditasi A yang diberikan kepada Jurnal Telkomnika, maka pengelola berupaya memperluas jangkauan penyebaran ke luar negeri, dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di Indonesia khususnya. Salah satu langkah untuk menjadi jurnal bertaraf Internasional yang belum berhasil kami capai. Sekalipun demikian pada tahap Awal, serta bekerjasama dengan  EBSCO dan Pro-Quest, yang membantu distribusi jurnal elektronik ke lebih 70 negara.

Setelah mendapatkan akreditasi A, upaya untuk menjadi jurnal internasional tinggal beberapa langkah lagi. Jurnal Telkomnika sudah  terindeks di SCOPUS mulai tahun 2013 ini , dan Insya Allah pada tahun 2014 Jurnal Telkomnika akan terindeks Thomson Reuters sekaligus akan menambah jumlah pelanggan Internasional. Karena menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2011, maka ada enam standar untuk menjadi Jurnal Internasional, lima syarat sudah terpenuhi tinggal bagian terakhir yaitu pelanggan Internasional, khususnya dari regional Asia Tenggara.

Untuk itu mohon dukungan semua pihak, agar hal tersebut bisa terwujud, sehingga bisa meningkatkan kontribusi peneliti Indonesia di dunia Internasional, melalui media publikasi ilmiah dalam bidang teknik elektro, sehingga menjadi keberhasilan kita bersama. Semoga keberadaan Telkomnika bisa memberikan kontribusi positif yang signifikan bagi negeri ini.

IDENTITAS TERBITAN BERKALA ILMIAH

1. Nama berkala

Nama berkala (Ind)      : TELKOMNIKA Telekomunikasi Komputasi Elektronika Kendali

Nama Berkala (Eng)     : TELKOMNIKA Telecommunication Computing Electronics and Control

2. ISSN/e-ISSN              : 1693-6930/2302-9293

3. Penerbit                       : Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

                                           : Institute of Advanced Engineering and Science (IAES)

4. Ketua Dewan Editor  : Tole Sutikno, S.T., M.T.

5. Bidang Ilmu Berkala : Teknik Elektro, Komputer dan Informatika

6.  Alamat Pos                :  Kampus III Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jl. Prof.

                                             Dr. Soepomo, SH Janturan Yogyakarta 55164

7. Telepon                       : (0274) 379418, 563515, 511830, 371120 extension 3149

8.  No Faks                      : (0274) 564604

9.  Nomor HP                 : 08562862810, 081328718768, 085746722592

10.  Website/ E-mail

: http://telkomnika.ee.uad.ac.id/

: http://journal.uad.ac.id/

: telkomnika@ee.uad.ac.id

: telkomnika@journal.uad.ac.id

(ns)

2 Komentar

  • 06/02/2014 at 11:08 Nurwijayanti KN, ST, MT says:

    saya dosen teknik elektro Universitas Suryadarma, berminat untuk memasukkan hasil penelitian saya dengan mahasiswa ke jurnal Telkomnika, apakah kami dapat bergabung atau tidak?? terimakasih

Tinggalkan Komentar

Kamu harus login untuk memberikan komentar.