• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 04 Mar 2015 | 0 komentar

(FTI Press) “FTI Bisa ! FTI Menginspirasi !” jargon kebanggan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) yang diucapkan dengan lantang bagai suntikan semangat disela-sela acara Upgrading Latihan Dasar Organisasi dan Latihan Dasar Kepemimpinan, atau yang lebih dikenal dengan sebutan LDO dan LDK. Upgrading tersebut diadakan mulai Sabtu, 28 Februari s/d 1 Maret 2015 bertempat di Auditorium UAD Kampus 2 dan Ruang 307 Kampus 3. Sekitar 123 peserta menghadiri acara tersebut, mereka adalah seluruh anggota ORMAWA FTI UAD, meliputi anggota DPM FTI, BEM FTI, serta seluruh anggota Perhimpunan Mahasiswa tiap Program Studi yang ada dilingkungan FTI. Donny Rimawan Riyanto, selaku ketua panitia Upgrading LDO dan LDK mengakui sudah mempersiapkan kegiatan tersebut dengan matang, diantaranya dengan penyebaran berita melalui surat undangan secara resmi yang ditujukan langsung seluruh komponen ORMAWA, bahkan ada beberapa pula yang harus diingatkan lagi melalui telepon, sms dan media sosial lainnya. “Kita selalu komunikasikan pada setiap ORMAWA agar lebih memastikan keikutsertaan anggotanya agar berpartisipasi dalam kegiatan ini,” tegasnya.

DSC_0114

Foto : Penuh semangat seluruh anggota ORMAWA FTI

Upgrading sendiri merupakan kegiatan tahunan yang umum dilakukan lembaga ORMAWA kampus untuk mensinergiskan antara ORMAWA dengan asas organisasi kampus. “Upgrading dibutuhkan bagi mahasiswa untuk menyamakan paradigma, prespektif setiap bidang ORMAWA agar mampu berinteraksi dan berorganisasi dengan baik,” tutur Warsito selaku Gubernur BEM FTI periode 2015-2016. Selain itu, ia juga memiliki harapan dengan diadakannya Upgrading ini mampu membentuk karakteristik tiap individu yang lebih inovatif, hyperaktif dan inspiratif berdasarkan visi dan misi yang jelas.

Peserta Upgrading memperhatikan dengan seksama apa yang disampaikan oleh pemateri, bahkan tak sungkan untuk menanyakan langsung beberapa pernyataan yang dianggap masih ambigu atau masih transparan. “Antusiasme peserta patut kita acungi jempol, karena mereka sudah mau memberanikan diri untuk ingin tahu lebih dalam apa itu organisasi, salah satunya dengan percaya diri untuk mengeluarkan pendapat ataupun mengajukan pertanyaan,” puji Ryan Octor selaku pemateri pertama yang begitu energik dalam menjelaskan materi. “Untuk materi dari LDO dan LDK itu sendiri kami merujuk pada referensi AD/ART UAD 2014-2015,” tambahnya.

Sebuah organisasi pasti tidak lepas dari peran seorang pemimpin. Kriteria sebagai pemimpin yang baik harus memiliki sifat, gaya, dan dasar dalam kepemimpinan (leadership). “Seorang yang mampu membawa diri dan kelompoknya dalam suatu tujuan tertentu merupakan definisi pemimpin,” ungkap DPM FTI UAD, Ahmad Ikrom. Ia juga membagikan saran, dan tips-tips serta beberapa hal yang harus diwaspadai sebagai seorang pemimpin. Salah satunya yaitu pembuatan main mapping kegiatan untuk mempermudah pencapaian tujuan hidup, dengan mengindahkan tugas pokok kita sebagai mahasiswa yang memiliki cita-cita untuk mengukir prestasi. “Organisasi joss, prestasi OK !” teriaknya yang diikuti oleh semua peserta.

Upgrading ini diisi oleh 3 pemateri, dalam kesempatan tersebut hadir juga Wakil Dekan FTI, Endah Sulistiawati, S.T., M.T. Beliau mengajarkan tata cara mengatur dan managerial skill agar mencapai kesuksesan didunia maupun diakherat. “Kau adalah kebiasaanmu, kebiasaanmu akan menjadikanmu sukses atau menghancurkanmu,” tuturnya dengan santun, lembut dan penuh makna. Beliau juga menambahkan kebiasaan yang buruk bisa diubah dengan memanajemen segala sesuatunya dengan porsi yang pas. Temukan solusi dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada dalam lingkup kecil maupun lingkup luas.

 (VW)doc BEM FTI/editing (ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa