• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 16 Jan 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Referensi dibutuhkan ketika melakukan teknik menulis buku. Penulis yang menggunakan referensi akan membandingkan ide, gambaran, dan hasil yang telah dicapai oleh penulis sebelumnya untuk mendukung isi tulisan. Biasanya referensi dicantumkan dalam bentuk sitasi atau daftar pustaka. Dalam penulisan ilmiah baik skripsi, thesis, disertasi, jurnal maupun buku, mencantumkan daftar pustaka adalah untuk menghindari plagiarism. Daftar pustaka sebisa mungkin lengkap dan seragam sesuai dengan pola yang digunakan dan berisi kutipan literatur sebagai acuan atau referensi dalam tulisan ilmiah kita terkait dengan penelitian yang telah ada sebelumnya.

Saat ini tersedia berbagai aplikasi untuk memudahkan kita menuliskan daftar pustaka baik yang berbayar misalnya EndNote maupun yang gratis misalnya Mendeley. Uraian tadi disampaikan Andri Pranolo, S.Kom., M.Cs., sebagai narasumber dalam acara Workshop Program Studi Teknik Kimia Yang berlangsung di Laboratorium Jaringan Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan, Selasa (16/1/18). Workshop yang berlangsung sehari penuh tersebut dengan agenda pelatihan EndNote dan Mendeley bagi dosen Fakultas Teknologi Industri (FTI).

MENDELEY merupakan suatu aplikasi yang berfungsi sebagai “citation & reference manager” yang akan membantu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitasi atau citation. Dengan bantuan aplikasi ini, tidak akan memakai cara manual lagi dalam penyisipan sitasi dan pembuatan daftar pustaka. Aplikasi ini tersedia dalam dua basis yaitu Web dan Desktop serta sudah mendukung Windows maupun Macintosh.  Seperti aplikasi lainnya, Mendeley juga mendukung plugin yang bisa berkolaborasi dengan Microsoft Office sehingga akan mempermudah pembuatan daftar referensi ketika selesai menulis tulisan ilmiah, tinggal satu kali klik semua referensi telah tersusun sesuai dengan keinginan kita.

Sampai saat ini sebagian dari kita masih menggunakan cara manual, yaitu dengan menuliskan satu persatu diakhir proses penulisan, akibatnya kadang ada ketidaksamaan tipe, atau tidak tercantum di daftar pustaka. Hal itu juga akan membuat repot jika ada pergantian pola atau tipe daftar pustaka. Dengan Aplikasi Mendeley kita semakin dimudahkan” Ungkap Dra. Siti Salamah, M.Si. (PIC Workshop dosen FTI ). /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa