• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 02 Nov 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Guna menyesuaikan pada perubahan kurikulum 2016,  Laboratorium Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) mengadakan workshop pada tanggal 27-28 Oktober 2016. Workshop yang berlangsung di Hotel Gowongan Inn tersebut  merupakan rencana program studi untuk melakukan perbaikan proses pengelolaan laboratorium dan mengembangkan potensi laboratorium. Kegiatan workshop dipimpin oleh ketua laboratorium Reni Dwi Astuti, S.T.P., M.T.

workshop-lab-2

Menurut beliau pada semester gasal 2016/2017 ini sudah diberlakukan kurikulum  nasional berbasis kompetensi dan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) 2016. Guna menghadapi perubahan kurikulum tersebut, tentunya kegiatan praktikum disesuaikan dengan matakuliah kurikulum  2016. Beliau juga menambahkan” disamping adanya perubahan kurikulum 2013 ke 2016, hal yang lain adalah meningkatnya jumlah mahasiswa Program Studi Teknik Industri, tentunya pihak pengelola laboratorium harus pandai mengatur slot- slot praktikum agar selaras dengan jadwal kuliah. Workshop yang diikuti dosen dan staff Laboran Teknik industri, dibagi menjadi 2 tahap.

workshop-lab-1

Workshop pada hari pertama difokuskan pada pengelolaan laboratorium untuk kegiatan akademik dan non-akademik, beserta merumuskan Standar Operasional Prosedur (SOP) laboratorium yang baru. Selain itu juga membahas potensi-potensi mana yang dapat memberikan pengembangan pada laboratorium. Pada hari kedua, workshop lebih fokus pada pengelolaan praktikum-praktikum di laboratorium Teknik Industri. Pengelolaan setiap praktikum dievaluasi dan didiskusikan bersama-sama. Evaluasi tersebut ada pada konten praktikum, proses praktikum, kebutuhan praktikum, dan lainnya. Hasil dari workshop ini adalah SOP laboratorium baru dan perbaikan proses pengelolaan praktikum yang disesuaikan dengan perubahan kurikulum 2016.

Heri Sutikno staff laboran Teknik Industri saat ditemui reporter fakultas menyampaikan “ dengan adanya workshop ini Diharapkan mampu mengembangkan sumber daya laboratorium terpadu guna peningkatan kualitas pelayanan praktikum, penelitian, maupun pembelajaran. Melengkapi kebutuhan laboratorium agar memberikan fasilitas bagi dosen/ mahasiswa dalam riset maupun peningkatan keilmuan. Disamping itu untuk mempermudah pengecekan fungsi alat, identifikasi, dan inventarisasi, sehingga terwujudnya pelaksanaan praktikum yang efektif  dan terintegrasi pada Program Studi Teknik Industri. /(ns)