• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 03 Jun 2015 | 0 komentar

(FTI Press) Guna membuat acuan pengembangan rencana pembelajaran, Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) mengadakan workshop pembuatan rencana pembelajaran semester atau silabi dan rencana pembelajaran mahasiswa atau SAP yang mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Workshop berlangsung  pada hari Kamis 28 Mei 2015, bertempat di ruang sidang FTI lantai 2 dengan menghadirkan Kepala Badan Pengembang Akademik (BPA) Universitas Ahmad Dahlan Dra. Sri Tutur Martaningsih, M.Pd. Workshop tersebut diikuti perwakilan program studi yang ada dilingkungan FTI UAD yang terdiri dari Prodi Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Industri.

Workshop Pengembangan rencana pembelajaran berbasis KKNI 2015 (5)

Dra. Sri Tutur Martaningsih, M.Pd.

Lebih lanjut ibu Martaningsih menyampaikan tentang panduan profil lulusan dan keungulan program studi. Panduan ini diperuntukkan bagi pengelola program studi dalam mengkaji, mengoreksi, menyesuaikan, merumuskan ulang, atau memperbaharui rumusan capaian pembelajaran lulusan, agar rumusannya memenuhi ketentuan yang berlaku dan sesuai dengan esensi capaian pembelajaran. Guna menetapkan standar kompetensi lulusan yang  dinyatakan dalam capaian pembelajaran tersebut setiap program studi harus memiliki 4 aspek diantaranya : sikap, ketrampilan umum, ketrampilan khusus, penguasaan pengetahuan, yang ditunjang profil kelulusan dan kompetensi kerja sesuai dengan kesetaraan 9 level yang kualifikasinya sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Beliau juga menambahkan tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan setiap lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran. Dalam SKL dinyatakan bahwa lulusan wajib mengacu kepada deskripsi capaian pembelajaran KKNI dan memiliki kesetaraan dengan jenjang kualifikasi pada KKNI. Standar isi pembelajaran merupakan kriteria minimal tingkat kedalaman dan keluasan materi pembelajaran, serta harus mengacu pada capaian pembelajaran lulusan.

Para peserta Workshop sangat antusias terbukti dengan banyak pertanyaan yang diutarakan kepada narasumber misalnya tentang visi, misi dan tujuan fakultas, capaian pembelajaran yang sudah mengacu pada KKNI dan SNPT, infomasi mata kuliah tentang gambaran menyeluruh, nama dan bobot sks, kode matakuliah, semester penawaran, matrik capaian pembelajaran, pedoman umum pembelajaran pada fakultas, pola ilmiah pokok fakultas, pengembangan kemampuan penunjang penciri fakultas, rancangan kriteria penilaian, evaluasi studi dan kelulusan mahasiswa, serta menyusun pedoman akademik fakultas. /(ns)

Workshop Pengembangan rencana pembelajaran berbasis KKNI 2015 (4) Workshop Pengembangan rencana pembelajaran berbasis KKNI 2015 (3) Workshop Pengembangan rencana pembelajaran berbasis KKNI 2015 (2) Workshop Pengembangan rencana pembelajaran berbasis KKNI 2015 (1)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa