• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 31 Jan 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Pengenalan sistem sertifikasi Insinyur, bakuan kompetensi dan tata cara pengisian Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP) disampaikan oleh  Dr. Ir. Tri Yuni Hendrawati, M.Si. IPM. (Anggota Majelis Penilai dan Wakil Ketua Bidang Pelatihan Sertifikasi BKPII sekaligus dosen Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Jakarta).  Pada kesempatan kali ini, Tri Yuni Hendrawati dalam pemaparannya menampilkan contoh  Curriculum vitae (CV) yang padat, lengkap dan komprehensif yang bisa dijadikan referensi untuk pengisian FAIP lebih cepat dan lengkap. Format CV yang mumpuni yang diupdate secara terus-menerus sangat bisa membantu pada kandidat Insinyur Profesional untuk mengisi FAIP mereka lebih cepat. Penentuan scoring pada FAIP yang diisi oleh kandidat Insinyur Profesional ini didasarkan pada tiga faktor yaitu: lamanya pengalaman atau kegiatan keinsinyuran yang diikuti, peranan dan tanggung jawab atau posisi Insinyur di kegiatan atau proyek itu dan kompleksitas atau tingkat resiko proyek atau kegiatan keinsinyuran yang diikuti.

Kegiatan Workshop yang diselenggarakan pada hari Rabu 31 Januari 2018 oleh Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) tersebut, mengambil tema “Pengisian Borang Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP)”. Workshop yang berlangsung di Laboratorium Basis Data & Multimedia, diikuti dan diperuntukkan bagi anggota Persatuan Insinyur Indonesia  (PII) dari dosen Teknik Kimia FTI UAD, perwakilan dosen Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), perwakilan dosen Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), serta perwakilan dosen Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Agus Aktawan, S.T., M.Eng (PIC Workshop Pengisian borang FAIP) “ menyampaikan “ pada kegiatan pengisian borang Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP)  ini cukup interaktif dan hampir semua pesertanya mendapatkan kesempatan mengemukakan pendapat dan pertanyaan pada tiap sesi, sehingga para kandidat Insinyur Profesional, sangat mudah memahami untuk pengisian panduan FAIP yang disampaikan oleh narasumber tersebut.

/(ns)