• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 03 Feb 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Guna meningkatkan kapabilitas mengajar serta meningkatkan motivasi dan kemampuan para dosen Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) untuk dapat menulis diktat dan buku. Sabtu 03 Februari 2018, bertempat diruang serbaguna diselenggarakan workshop “penulisan diktat dan buku guna peningkatan kualifikasi dosen FTI UAD”. Kegiatan tersebut dengan menghadirkan 2 narasumber yaitu Sritrusta Sukaridhoto, S.T., Ph.D. (PENS) dan Hatib Rahmawan S.Pd., S.Th.I., M.Ag. (Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah UAD). Peserta workshop dari dosen FTI UAD yang terdiri dari seluruh dosen Teknik Elektro, perwakilan dosen Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Teknologi Pangan.

Workshop yang diselenggarakan Program Studi teknik Elektro ini dibagi menjadi 2 sesi, pada sesi pertama mengupas tuntas tentang cara penulisan dan langkah-langkah menulis buku ajar (Best Practice) yang disampikan oleh Sritrusta Sukaridhoto. Dalam aspek penulisan seorang penulis harus memperhatikan pada 4 kriteria seperti : Materi, Penyajian, Bahasa, dan Teknik perujukan. Dalam presentasinya tersebut beliau juga menyampaikan motivasi  seorang penulis  pada penulisan buku, posisi strategis naskah buku pada Perguruan Tinggi, dan peluang menjadi seorang penulis yang professional. Pada Sesi kedua Hatib Rahmawan yang juga aktif pada uadpress tersebut menyampaikan tentang alur penerbitan buku dan dinamika penerbitan buku di perguruan tinggi.

Dengan adanya workshop ini diharapkan mampu memotivasi para dosen dilingkungan FTI UAD dalam menyusun buku ajar guna kepentingan proses kegiatan belajar mengajar dan diharapkan menambah motivasi dan pengetahuan dalam menulis buku secara professional, “terang Riky Dwi Puriyanto, S.T., M.Eng.(PIC Workshop Penulisan dan Buku).

/(ns)