Dekan FTI UAD Soroti Perkembangan Akademik dan Perhatian Khusus untuk Mahasiswa Disleksia
(FTI News) Prof. Dr. Ir. Siti Jamilatun, M.T., IPM., selaku Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), menyampaikan berbagai perkembangan akademik penting dalam sebuah pertemuan di ruang sidang bersama Kampus UAD IV hari ini. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyoroti beberapa aspek penting terkait kemajuan fakultas, termasuk peningkatan kualitas pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Prof. Siti Jamilatun menyampaikan bahwa FTI UAD terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai program. Beberapa poin penting yang disampaikan antara lain:
* *Kurikulum:* Peninjauan dan pembaruan kurikulum secara berkala untuk memastikan relevansi dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi terkini.
* *Fasilitas:* Peningkatan fasilitas laboratorium dan sarana pendukung pembelajaran lainnya untuk menunjang kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa.
* *Penelitian:* Dorongan terhadap peningkatan jumlah dan kualitas penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, serta peningkatan publikasi ilmiah di jurnal bereputasi.
* *Pengabdian Masyarakat:* Peningkatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan bidang keilmuan FTI, sebagai bentuk kontribusi nyata bagi masyarakat.
Dalam kesempatan tersebut, Prof. Siti Jamilatun juga menyoroti pentingnya perhatian khusus terhadap mahasiswa yang mengalami disleksia. Beliau menekankan kepada seluruh program studi (prodi) di lingkungan FTI UAD untuk memberikan dukungan dan fasilitas yang memadai bagi mahasiswa dengan kondisi tersebut.
“Mahasiswa disleksia adalah individu dengan gangguan belajar spesifik yang mengalami kesulitan dalam membaca, menulis, mengeja, dan memahami bahasa, meskipun mereka memiliki tingkat kecerdasan yang normal dan tidak disebabkan oleh masalah penglihatan atau pendengaran,” jelas Prof. Siti Jamilatun.
Beliau menambahkan bahwa setiap prodi diharapkan dapat:memahami, adaptasi, dan dukungan. Langkah ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung bagi semua mahasiswa, termasuk mereka yang memiliki tantangan belajar khusus. FTI UAD berkomitmen untuk memastikan bahwa semua mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil dalam pendidikan mereka.
/(ns)