• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 03 Des 2019 | 0 komentar

(FTI Press) Perkembangan Teknologi di Era digital telah memberi perubahan yang besar dalam beberapa aspek kehidupan seperti perdagangan, transportasi, pemerintahan dan juga pendidikan. Efek dari era digital membuat perubahan yang sangat drastis, salah satunya adalah adanya fenomena menambah pertemanan melalui media social hingga mencari jodoh melalui dunia maya, facebook atau yang lebih professional lagi menggunakan website perjodohan. Namun tak jarang proses perjodohan yang dilakukan belum dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip dalam Islam.

FTI UAD, Universitas Ahmad Dahlan
Forum Ta’aruf Padi Melati Muhammadiyah Bantul sebagai pihak yang concern dengan program ta’aruf secara Islami juga seharusnya menggunakan teknologi untuk mendukung programnya. Menurut Ust. Hidayatu Rohman, selaku direktur dan pengasuh forum taaruf ini, proses pendataan hingga perjodohan selama ini menggunakan media whatsapp dengan data curriculum vitae dari masing-masing peserta taaruf. Hal ini yang kemudian membuat proses awal perjodohan memakan cukup banyak waktu, karena pengurus forum taaruf harus mencermati satu demi satu data diri para calon melalui whatsapp. Berangkat dari sinilah, Tim Dosen Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan, Phisca Aditya Rosyady selaku ketua dan Guntur Maulana Zamroni mengembangkan website perjodohan di Forum Ta’aruf Padi Melati sebagai program pengabdian masyarakatnya.

FTI UAD, Universitas Ahmad Dahlan
Kegiatan ini diawali dengan survey ke mitra dilanjutkan pengembangan website dan kemudian uji coba website. Metode yang digunakan masih sederhana yakni menggunakan webform yang disediakan google form yang menghasilkan datasheet berupa file excel. Dengan menggunakan fitur filter by color dan sort by color dalam microsoft excel, proses matching akan dengan mudah dan cepat dilakukan berdasarkan identifikasi warna. Dampaknya proses ta’aruf juga akan lebih mudah, efektif, dan efisien karena bisa ditayangkan dalam satu file database terpusat, sehingga petugas akan dengan mudah melakukan proses matching, sebagai langkah awal taaruf.

FTI UAD, Universitas Ahmad Dahlan
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membantu pengurus Forum Ta’aruf Padi Melati Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul untuk melakukan matching jodoh menggunakan sistem website perjodohan. Hal ini akan memangkas waktu di awal tahapan ta’aruf yang memang biasanya dilakukan secara manual. Barulah setelah tahapan matching ini dilakukan konfirmasi kedua pihak, nadhor (pertemuan dua pihak), keputusan akhir berlanjut ke tahap pernikahan atau terhenti.
/doc/(ns)
.