• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
TAGS: | Oleh | 31 Agu 2019 | 0 komentar

(FTI Press) Pada tanggal 29-31 Agustus 2019, Halal Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Pelatihan Auditor Halal. Acara ini menghadirkan para expert di bidang kehalalan produk serta auditor halal Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Pelatihan Auditor Halal ini mengambil Tema “Menyongsong Implementasi Undang-Undang Jaminan Produk Halal”.

FTI Universitas Ahmad Dahlan

Pelatihan auditor halal bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas auditor halal, terutama untuk meningkatkan kualitas, dalam hal pemahaman tentang pengetahuan bahan, teknik auditing, dan hal-hal lain terkait proses sertifikasi halal. Pelatihan Auditor Halal juga diikuti oleh dosen Fakultas Teknologi Industri, baik itu dosen dari Prodi Teknik Kimia maupun Prodi Teknologi Pangan.

Pelatihan Auditor Halal

Pembicara yang berbagi ilmu pada acara ini antara lain:
1. Prof. Dr. Chairil Anwar (Guru Besar UGM dan auditor halal LPPOM MUI)
2. Prof. Yunahar Ilyas (Ahli Fiqih Halal dan tokoh sentral Muhammadiyah)
3. Dr. Elfi Anis Saati (Dosen Teknologi Pangan UMM, auditor halal LPPOM MUI)
4. Prof. Noor Harini (Guru Besar Teknologi Pangan UMM, auditor halal LPPOM MUI)
5. Dr. Muhammad Nadratuzzaman (Pegiat Halal Muhammadiyah)
6. Dr. Nanung Danar Dono (Auditor Halal LPPOM MUI, Dosen Fak. Peternakan UGM)

Pelatihan Auditor Halal

Selain itu peserta juga melakukan simulasi audit dengan mengunjungi 3 stakeholder yg telah memperoleh sertifikat halal MUI, yaitu:
1. Sweet Sundae Ice Cream
2. Catering UMY
3. Catering dan Aqiqah Al-Kautsar

Kegiatan ditutup dengan ujian kompetensi yang menyatakan lulus atau tidaknya peserta sebagai Auditor Halal Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halal Thayiban (LPH-KHT) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. /(ns)