• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 02 Sep 2018 | 0 komentar

(FTI Press) International Symposium on Advanced Intelligent Informatics (SAIN 2018) telah diadakan pada tanggal 29-30 Agustus 2018 di Yogyakarta. Acara yang diorganisir oleh International Journal of Advances in Intelligent Informatics (IJAIN) ini diikuti oleh peserta dari lima negara yakni Jepang, Vietnam, Bangladesh, Ukraina, dan Indonesia.

SAIN 2018 merupakan acara simposium internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan telah terdaftar sebagai konferensi Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) dengan mengusung tema “Revolutionize Intelligent Informatics Spectrum for Humanity”. Secara spesifik SAIN 2018 mencakupi seluruh bidang Intelligent Informatics yang meliputi Machine Learning & Soft Computing, Data Mining & Big Data Analytics, Computer Vision & Pattern Recognition, dan Automated Reasoning.

Pada pukul 08.00 WIB, Acara dibuka oleh Professor Riyanarto Sarno selaku General Chair SAIN 2018 dilanjutkan oleh Assistant Professor Aji Prasetya Wibawa selaku TPC Chair SAIN 2018 dan Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional, Prof. Dr. Sarbiran serta Kepala Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Universitas Ahmad Dahlan (LPPI UAD), Associate Professor Tole Sutikno. SAIN 2018 turut mengundang empat orang keynote speaker dari 4 Negara yakni Associate Professor Huynh Thi Tanh Binh (Vietnam), Assistant Professor Rafał Dreżewski (Polandia), Professor Mustafa Mat Deris (Malaysia), dan Professor Riyanarto Sarno (Indonesia).

Assoc. Prof. Huyn Thi Tanh Binh dari Hanoi University of Science Technology (HUST) Vietnam menyampaikan speech pada sesi pertama dengan judul “Evolutionary Multitasking – A New Paradigm”. Selanjutnya pada sesi kedua, Prof. Mustafa Mat Deris dari Universiti Tun Huseinn Onn Malaysia menyampaikan speech terkait “Data Reduction Using Rough Set Theory and Conditional Entropy: Case Study on Software Testing” dan dilanjutkan pada sesi ketiga oleh Assist. Professor Rafał Dreżewski dari AGH University of Science and Technology Polandia dengan judul “Agent-Based Modeling and Simulation of Speciation and Ecosystem Diversity”. Sesi terakhir ditutup dari Prof. Riyanarto Sarno dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan pemaparan “A Survey of Graph-based Algorithms for Discovering Business Process Models”.

SAIN 2018 berhasil menarik perhatian dengan mengundang beberapa penulis dari berbagai kalangan, dari Akademisi maupun Profesional yang secara khusus berada pada cakupan penelitian bidang Intelligent Informatics.

Antusiasme dan semangat peserta dalam mengikuti symposium ini terlihat dari diskusi yang terjadi pada saat sesi presentasi parallel berlangsung. Sesi presentasi yang dimulai pukul 13.00 berakhir pada pukul 17.30 WIB. Selepas Gala Dinner, Seluruh peserta diundang untuk acara penutupan disertai dengan pengumuman paper terbaik dan undangan untuk mengikuti acara SAIN pada tahun 2019. SAIN 2019 akan diselenggarakan pada 3-4 September 2019 di Osaka, Jepang.

(Doc SAIN 2018)/(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa