• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 02 Feb 2019 | 0 komentar

(FTI Press) Upaya peningkatan penjaminan mutu akademik dan kualitas pembelajaran di Perguruan Tinggi, serta upaya peningkatan atmosfir akademik melalui peningkatan kualitas penelitian dosen maupun mahasiswa untuk publikasi International saat ini sangat diperlukan. Dalam peningkatan penjaminan mutu tersebut, Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) pada hari Jumat 01 Februari 2019 di Ruang Baca Teknik Industri menyelenggarakan “Inisiasi Pengelolaan Jurnal Internasional di Program Studi Teknik Industri FTI UAD”. Dengan mengundang pakar dibidangnya yaitu Andri Pranolo, S.Kom., M.Cs. (Chief Jurnal IJAIN).


Menurut Andri Pranolo saat ini Jurnal ilmiah merupakan sumber informasi utama yang penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan, jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi atau Perguruan Tinggi di Indonesia ternyata masih mengalami kesulitan untuk ditingkatkan menjadi jurnal internasional. Salah satu kriteria artikel ilmiah bertaraf Internasional adalah bahwa artikel ilmiah tersebut haruslah diminati oleh dunia Internasional atau sifatnya universal. Pembeda antara Jurnal Nasional dan Internasional salah satunya adalah Scopus, terbit dua kali dalam satu tahun, dilihat dari segi penyunting, dan penyunting berasal dari lintas benua.

Untuk mengembangkan Jurnal Internasional tersebut harus memenuhi berbagai persyaratan diantaranya adalah :

  • Terindeks oleh database internasional : Web of Science, Scopus, Microsoft Academic Search, dan/atau laman sesuai dengan pertimbangan Ditjen Dikti.
  • Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam 1 (satu) nomor terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari 2 (dua) negara.
  • Dewan Redaksi (Editorial Board) adalah pakar di bidangnya paling sedikit berasal dari 4 (empat) negara.
  • Ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok).
  • Memiliki ISSN.
  • Memiliki terbitan versi online.
  • Karya ilmiah yang diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan.

Saat ini Program Studi Teknik Industri FTI UAD sudah mempunyai Jurnal Ilmiah Pengetahuan dan Penerapan Teknik Industri (Spektum Industri). Jurnal Spektrum Industri ISSN 1693-6590 (cetak) ; ISSN 2442-2630 (online) adalah media yang mempublikasikan naskah penelitian dalam lingkup sains yang berkaitan dengan teknik dan / atau manajemen industri baik penelitian maupun teoritis. Naskah adalah hasil tinjauan literatur akan dipertimbangkan jika ditulis oleh seorang ahli. Jurnal Spektrum diterbitkan dua kali setahun, yaitu April dan Oktober. Jurnal ini telah diindeks oleh DOAJ, Crossref, Google Cendekia, Indeks Publikasi Indonesia (IPI) (sebelumnya Portal Indeks Publikasi Indonesia Garuda), Database Jurnal Ilmiah Indonesia (ISJD), dan Indeks Sains dan Teknologi (SINTA). Dalam waktu dekat ini Program Studi Teknik Industri FTI UAD, akan melaunching Jurnal Internasional IJIO (International Journal of Industrial Optimization). “Terang Hapsoro Agung Jatmiko, S.T., M.Sc. (Dosen Teknik Industri).

/(ns)

 

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa