• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
TAGS: | Oleh | 11 Des 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Jumat 7 Desember 2018, Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (PSTP FTI UAD) menyelenggarakan kunjungan belajar ke PT Madubaru, Kasihan, Bantul Yogyakarta. Dalam agenda kunjungan tersebut merupakan proses belajar di lapangan untuk matakuliah Satuan Operasi. Didampingi oleh dua dosen PSTP FTI UAD Wahidah Mahanani Rahayu, S.T.P., M.Sc., dan Titisari Juwitaningtyas, STP., M.Sc., para mahasiswa mempelajari proses produksi di pabrik gula yang lebih terkenal dengan nama pabrik gula Madukismo.

Teknologi Pangan Universitas Ahmad Dahlan
Pada awal kunjungan, rombongan PSTP mendapat penjelasan mengenai proses produksi meliputi penggilingan tebu, pemurnian kristal gula, evaporasi, hingga terbentuk kristal gula, serta bagaimana melakukan proses pengolahan bahan sisa pengolahan gula berupa molase menjadi alkohol. Dengan menaiki kereta mini, rombongan diantarkan menuju pabrik. Selanjutnya, dosen dan mahasiswa melihat langsung berbagai peralatan yang digunakan dalam pengolahan sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Selama kunjungan, mahasiswa berdiskusi dan menanyakan berbagai hal yang dipelajari di kelas, dan disesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan.

Teknologi Pangan Universitas Ahmad DahlanDiharapkan dengan kunjungan belajar ke PT Madubaru ini, mahasiswa dapat lebih memahami berbagai proses yang dipelajari di kelas Satuan Operasi. Selain itu, mahasiswa mendapat gambaran langsung bagaimana mengolah tanaman tebu menjadi kristal gula, “Terang Wahidah Mahanani Rahayu, S.T.P., M.Sc.

Teknologi Pangan Universitas Ahmad Dahlan

Teknologi Pangan Universitas Ahmad Dahlan
/(ns)