• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 24 Feb 2014 | 0 komentar

kuliah umum ind 1Foto : Kuliah Umum Teknik Industri FTI UAD

Sabtu 22 Februari 2014 bertempat di Gedung Auditorium Kampus 3 UAD, Program Studi Teknik Industri menyelenggarakan kuliah umum dengan mengambil tema “ Prospek Karier Profesi Sarjana Teknik Industri di Dunia Usaha/Industri ” Kuliah umum tersebut menghadirkan pakar motivasi dari dunia usaha Hani Rochmanuddin, S.T., M.M. Hadir pula dalam acara tersebut Kepala Program Studi Teknik Industri Choirul Bariyah , S.T., M.T. serta dosen dilingkungan Teknik Industri.

kuliah umum indSuasana Kuliah Umum Teknik Industri

Dalam ulasannya lebih lanjut Hani Rochmanuddin  memaparkan tentang ilmu industri yang mencakup bidang desain, perbaikan dan pemasangan dari sistem integral yang terdiri dari manusia, bahan- bahan, informasi, peralatan dan energi. Mahasiswa Teknik Industri juga harus mengetahui suatu proses untuk memperbaiki performansi keseluruhan dari sistem yang dapat diukur dari ukuran- ukuran ekonomi, pencapaian kualitas, dampak  terhadap lingkungan serta manfaat bagi kehidupan manusia sehingga sistem tersebut dapat berjalan dengan produktif , efektif , dan efesien. Untuk menjadi seorang technopreneur yang sukses mahasiswa Teknik Industri harus memiliki kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar untuk mencari setiap peluang menuju sukses, kreativitas untuk memikirkan sesuatu yang baru, dan juga inovasi-inovasi baru.

kuliah umum ind 1Presentasi Hani Rochmanuddin dalam Kuliah Umum

Seseorang untuk menjadi wirausahawan (entrepreneur) harus mampu menciptakan bisnis baru dengan mau mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi berbagai peluang penting untuk menggabungkan sumber daya  yang diperlukan untuk mengoptimalisasikan sumber daya tersebut. Hani Rochmanuddin juga membagi tips sukses untuk menjadi teknopreneur yang unggul, diantaranya bisa membaca riset pasar untuk menentukan feasibility suatu produk atau jasa, diferensi produk yang memiliki keunikan dan keunggulan, menentukan pangsa pasar dengan spesifikasi target market, tes pasar setelah suatu  produk dihasilkan, terus berinovasi untuk mengombinasikan antara kecanggihan teknologi dan jiwa entrepreneur, serta  yang terakhir mendaftarkan produk yang dihasilkan ke Ditjen Hak Kekayaan Intelektual untuk mendapatkan  hak paten.

Choirul Bariyah disela-sela acara juga menambahkan bahwa acara kuliah umum ini bertujuan untuk mengembangkan jiwa technopreneur setiap mahasiswa agar kelak setelah lulus dari Teknik Industri UAD bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat dengan dasar ilmu technopreneurship.

(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa