• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 23 Sep 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Kreativitas Tanpa Henti, Inovasi Untuk Negri” merupakan tema yang diangkat pada acara Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan. Workshop ini berlangsung pada hari Ahad 23 September 2018 di Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan. Workshop ini menghadirkan narasumber atau Pembina PKM UAD Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D.

PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti guna memberi ruang untuk para Mahasiswa menunjukkan kreativitasnya. PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D. dalam presentasinya lebih menekankan tentang persiapan dan tahapan – tahapan untuk memulai penyusunan proposal, misalnya dalam pencarian ide dan penyusunan proposal. Jangan sampai mahasiswa dalam pencarian ide dan penyusunan proposal tersebut terjebak dalam nilai kemutlakan ilmiah. Workshop ini ditujukan untuk memotivasi mahasiswa Teknik Elektro Khususnya semester 1. Mahasiswa sebelum terjun ke PKM terlebih dahulu harus meluruskan niat, terus berusaha dan berdoa jangan jadikan PKM sebagai ajang mencari duit. Ini sudah niatan yang salah. Niatkan untuk membantu orang lain, karena dengan niat tersebut merupakan bagian dari ibadah.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) memiliki 7 jenis kegiatan yakni PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Selain PKM-AI, semua PKM tersebut akan dilombakan di dalam PIMNAS.

Berikut data PKM dari FTI UAD yang berhasil lolos memperoleh pendanaan dari DIKTI dan ada yang lolos sampai PIMNAS diantaranya Tim PKM-KC FTI UAD “PENDEKAR”, Tim PKM-KC FTI UAD “QURSI GENIT” , Tim PKM FTI UAD “GABOT”, Tim PKM-KC FTI UAD “PROPEDER” Tim PKM-KC FTI UAD “SI SARPIN”, Tim PKM UAD “Probani”. Dengan adanya Workshop Program Kreavitas Mahasiswa (PKM) tersebut diharapkan muncul bibit –bibit baru mahasiswa FTI UAD sebagai aset bangsa yang memiliki potensi besar untuk berkembang dan sejak dini digali kreativitasnya untuk lolos PKM hingga menembus PIMNAS. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa