• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
TAGS: | Oleh | 05 Agu 2019 | 0 komentar

(FTI Press) Kebakaran merupakan salah satu ancamn bencana yang menimpa manusia sehingga bisa menyebabkan kerugian besar baik secara materiil maupun inmateriil. Kebakaran hendaknya dihindari sebisa mungkin karena kebakaran yang besar tidak hanya bisa menyebabkan kerugian pada satu orang atau satu pihak saja, namun juga bisa menyebabkan kerugian pada banyak pihak. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang mempunyai beberapa Kampus di kota pelajar ini dengan tinggi gedung dari lantai 3 hingga lantai 10, tentunya harus diberikan perhatian yang khusus dalam menanggulangi bencana kebakaran.

Universitas Ahmad Dahlan

Bencana kebakaran bisa terjadi kapan saja karena beberapa sebab atau faktor diantaranya :Arus Pendek Listrik, Tabung Gas Meledak, Kerusakan Alat Elektronik yang Mengeluarkan Api, Sambaran Petir Tanpa Penangkal Petir yang Baik, human eror, bahkan Kesengajaan / Sabotase. Salah satu solusi terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah kebakaran adalah memastikan semua orang mendapat sosialisasi tentang apa saja penyebab kebakaran dan bagaimana mencegahnya.

Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan pada tanggal 05 -06 Agustus 2019 menyelenggarakan pelatiihan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang dikhususkan untuk gedung kampus 4 UAD yang bekerjasama dengan Kantor Penanggulangan Kebakaran, Bencana, dan Perlindungan Masyarakat Kota Madya Yogyakarta. Pelatihan yang diselenggarakan di R.4.1.209 dan halaman kampus ini diikuti oleh Perwakilan kantor, laboratorium, serta seluruh Security Kampus 4 UAD.

Universitas Ahmad Dahlan

Materi pelatiahan yang disampaikan yaitu mengenali jenis penyebab kebakaran, penggunaan alat Pemadam Api Ringan, PASS (Pull, Aim, Squeeze, Sweep), dan simulasi langsung pemadaman api. Viant Vivaldi Arsis salah satu staff Fakultas Teknologi Industri (FTI) yang mengikuti pelatihan ini menyampaikan “yaitu dengan sosialisasi pemadaman kebakaran ini kita dapat mengetahui penyebab dan penanggulangannya sehingga kita sebisa mungkin mencegah kebakaran menjadi lebih besar.
/(ns)