• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
TAGS: | Oleh | 04 Sep 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Dalam bekerja di industri kimia metode ilmiah yang dijadikan landasan berpikir harus dibarengi dengan aplikasi dilapangan. Banyak orang meremehkan teori, karena begitu mudahnya orang mengklaim kebenaran, karena itu teori harus dipraktekan. Teknik kimia sendiri merupakan jurusan yang mendalami mengenai ilmu proses pengolahan barang mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi. Teknik Kimia tidak hanya meliputi proses pengolahan saja, melainkan seorang sarjana Teknik Kimia harus mempelajari bagaimana proses tersebut berjalan, kondisi operasi dilapangan apa yang sesuai dengan proses tersebut, serta bagaimana dengan bahan dan bahan pendukung yang cocok untuk digunakan.

Dr. Winarto Kurniawan

Uraian diatas tersebut disampaikan oleh Dr. Winarto Kurniawan (Tokyo Institute of Technology Japan) dalam acara Studium General, yang diselenggarakan Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD). Studium General yang berlangsung pada hari Senin, 03 September 2018 di Gedung Auditorium Utama tersebut merupakan kuliah perdana Program Studi Teknik Kimia FTI UAD Semester Gasal 2018/2019, dan dihadiri dosen dan ratusan mahasiswa. Studium General kali ini mengambil tema “Bekerja Di Industri Kimia Antara Teori Dan Aplikasi Lapangan”.

Sebagai pengantar Studium general Dr. Winarto Kurniawan mencontohkan salah satu kasus yaitu tentang plastik pembungkus atau plastic ziplock yang diberi lapisan aluminium sheet untuk dipakai di lemari es atau freezer. Diharapkan dengan adanya aluminium sheet, bahan yang disimpan didalam lemari es akan lebih cepat dingin serta bisa meningkatkan efisiensi kerja lemari es tersebut. Dari kasus diatas tadi Dr. Winarto Kurniawan mengajak audiens untuk bersama-sama mempraktekan kasus tersebut sesuai dengan dasar teorinya dari segi pemakaian.

Beliau juga memperkenalkan Tokyo Institute of Technology Japan salah satu rekomendasi untuk studi lanjut di luar negeri. Anda perlu mempertimbangkan untuk kuliah di negara Jepang. Saat ini Jepang memang menjadi negara pilihan pelajar dari berbagai negara di dunia untuk melanjutkan studi, termasuk juga pelajar Indonesia. Kemajuan teknologi industri dan inovasi dalam ilmu pengetahuan menjadi daya tarik utama tersendiri. Hal tersebut tidak terlepas dari inovasi pemerintah Jepang dengan sejumlah perguruan tinggi yang terus melakukan perbaikan agar lebih banyak pelajar atau mahasiswa internasional yang bisa belajar di negara matahari terbit tersebut.

/(ns)