• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
TAGS: | Oleh | 07 Des 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Penerbitan artikel yang telah ditulis supaya bisa dipublikasikan pada jurnal internasional terindeks merupakan upaya sangat strategis bagi peningkatan nilai tersendiri pada program studi, yang sesuai ketentuan pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yaitu Akreditasi. Salah satu pointnya adalah publikasi karya ilmiah pada jurnal internasional Scopus dan Thomson Reuter yang sudah terindeks. Pimpinan Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) senantiasa terus mendorong seluruh dosennya supaya melakukan Penulisan Artikel Ilmiah yang layak untuk diterbitkan.

Universitas Ahmad Dahlan

Bertempat di ruang Serbaguna Kampus 3 UAD, pada hari Kamis 06 Desember 2018, FTI UAD menyelenggarakan Workshop Pelatihan Penulisan Publikasi Jurnal internasional. Workshop ini diikuti oleh dosen FTI UAD dari lima Program Studi yang ada dilingkungan FTI UAD. Pemateri pada Workshop Pelatihan Penulisan Publikasi Jurnal internasional kali ini adalah Prof. Fauzi dan Dr. Arman Shah Abdullah dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.

Universitas Ahmad Dahlan

Dalam pemaparannya yang sudah ke 113 kalinya dibagikan diberbagai lingkungan akademis tersebut, kedua pemateri memberikan pengalamannya dalam melakukan publikasi hasil penelitian pada jurnal internasional. Beliau juga membagi tips untuk menembus jurnal internasional, seperti memilih judul yang tepat, menulis abstrak, pendahuluan dan bagaimana memulainya hingga cara menulis review literatur, menyajikan bahan & metodologi, menyajikan hasil dan pembahasan, menulis kesimpulan, menulis referensi dan memilih jurnal publikasi yang sesuai.

Universitas Ahmad Dahlan

Artikel ilmiah merupakan keharusan yang harus dibuat oleh dosen sebagai publikasi hasil penelitian atau kajian teori yang ditulis dosen. Selama ini dosen-dosen muda masih belum terbiasa untuk menulis karya ilmiah yang merupakan salah satu tuntutan kinerja dosen. Dengan adanya sharing para ahli seperti Prof. Fauzi dan Dr. Arman yang sudah berbagi pengalaman kepada peserta workshop ini, diharapkan dosen FTI UAD terutama dosen muda akan termotivasi untuk menambah jumlah artikel yang akan dipublikasikan baik di jurnal nasional maupun jurnal internasional. “Terang Sri Winiarti, S.T., M.Cs. (Wakil Dekan FTI UAD).

Universitas Ahmad Dahlan

/(ns)