• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 29 Okt 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Kementerian Riset dan Dikti menggelar Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) pada tanggal 25-28 Oktober 2018. Gelaran Pameran Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) 2018 berlangsung di Jogja City Mall Yogyakarta. Event ini merupakan salah satu tempat para inovator memperlihatkan kepada masyarakat tentang produk startup yang berbasis inovasi. Gelaran tersebut diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi guna memamerkan inovasi generasi milenial Indonesia.

Universitas Ahmad Dahlan

Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) telah dilaksanakan selama 3 tahun terakhir merupakan sarana bagi perusahaan rintisan berbasis teknologi untuk mulai berhadapan dengan pasar, investor, dan pemangku kepentingan lagi yang lebih luas. Dengan partisipasi dalam I3E diharapkan para peserta program inkubasi berbasis teknologi makin siap dan mampu untuk tumbuh-berkembang dan memenangkan persaingan serta menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru. Pameran I3E melibatkan inovator-inovator industri mikro, kecil dan menengah, binaan Balai Penelitian Teknologi Bahan LIPI, Taman PIntar Yogyakarta, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan komunitas-komunitas startup di DIY.

Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan melalui Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri menjadi salah satu peserta pada gelaran tersebut. Salah satu produk yang ditampilkan dari kalangan akademisi dalam menciptakan produk inovasi teknologi ini adalah KUDA SARPIN (Kursi Beroda Dengan Sarung Tangan Pintar). Kuda Sarpin dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penyandang dissabilitas memperoleh fasilitas umum. Seperti kurangnya akses layanan transportasi, bangunan, pendidikan, dan pekerjaan merupakan beberapa contoh yang menjadi penghambat dalam kehidupan sehari-hari.

Alhamdulillah, Tim Kuda Sarpin Teknik Elektro, Kursi Beroda dengan Sarung Tangan Pintar mendapat Juara 1 tingkat Nasional. Dalam Event Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) untuk kategori Kompetisi Inovasi. Tim Kuda Sarpin yang terdiri dari Ahmad Yogaswara, Iqbal Cahya Kurniawan, Muhammad Annas (Teknik Elektro), Ferosa Ardina Wardani (Fakultas Kesehatan Masyarakat) dengan dosen pembimbing Anton Yudahana, S.T., M.T., Ph.D. InshaAllah siap mempromosikan produk-produk inovasi teknologi hasil karya anak bangsa kepada masyarakat luas, sehingga hasil inovasi dari para inovator benar-benar terasa manfaatnya bagi masyarakat. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa