• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 09 Nov 2013 | 0 komentar

ee 1Foto : Suasana Seminar Engineering Ethic Fakultas Teknologi Industri UAD.

Sabtu 9 November 2013, bertempat di Auditorium Gedung D Universitas Ahmad Dahlan Kampus 3, Fakultas Teknologi Industri menyelenggarakan seminar Engineering Ethic. Seminar ini ditujukan kepada calon Wisudawan – Wisudawati Fakultas Teknologi Industri UAD yang akan diwisuda pada hari Sabtu 16 November 2013. Hadir dalam kesempatan ini sebagai pembicara dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Forum Anggota Muda Peratuan Insinyur Indonesia (FAM-PII) Cabang Yogyakarta, beliau Ir. Suhada, MBA.

ee 3

Acara seminar tersebut dibuka langsung oleh Endah Sulistiawati, S.T., M.T. (Wakil Dekan FTI) beliau dalam sambutannya berpesan kepada peserta seminar, untuk senantiasa selalu mengamalkan ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan tinggi di FTI UAD, sehingga nantinya bisa mengaplikasikan antara ilmu dan pembekalan seminar Engineering Ethic yang akan disampaikan narasumber.

Dalam presentasinya Ir. Suhada, MBA mengambil tema tentang etika seorang Sarjana Teknik. Definisi Teknik atau Engineering sendiri merupakan suatu profesi dimana pengetahuan matematika dan ilmu-ilmu alam (natural sciences) yang dapat diperoleh dengan studi, pengalaman dan latihan dapat digunakan secara bijaksana untuk mengembangkan, memanfaatkan bahan dan sumber daya alam secara ekonomis untuk kesejahteraan manusia. Sehingga pendidikan tinggi sarjana Teknik harus menunjukkan lulusan yang mempunyai : Kemampuan mengaplikasikan ilmu pengetahuan, kemampuan menganalisa ekperimen dan menginteprestasi data, kemampuan merancang system untuk memenuhi suatu kebutuhan, kemampuan untuk berperan serta pada suatu tim yang bersifat multi disiplin, serta kemampuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan problem teknik.

ee 2

Etika Profesi merupakan suatu ikatan moral, yang mendorong tumbuhnya sikap untuk melayani dan mendahulukan kepentingan masyarakat, yang melampaui ikatan kewajiban kepada pemberi kerja atau atasan.

Kode Etik merupakan kumpulan aturan yang disusun oleh masyarakat profesi untuk melindungi para anggotanya dari tindakan yang dapat merugikan atau membahayakan anggota lain, klien atau masyarakat stakeholder.

Acara Seminar Engineering Ethic ini merupakan agenda rutin Fakultas untuk memberi bekal kepada para calon Sarjana Teknik agar siap terjun di masyarakat, dunia kerja maupun melanjutkan kejenjang  pendidikan yang lebih tinggi bagi para alumni yang ingin menempuh studi  lanjut, perlu diketahui mahasiswa yang mengikuti seminar ini juga akan mendapatkan sertifikat dari FTI UAD bekerjasama dengan PII Cabang Yogyakarta.

(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa